Kamis 21 Apr 2016 09:29 WIB

4 Hal yang Paling Disesali Saat Usia Senja

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Pasangan kakek nenek, ilustrasi
Foto: Telegraph
Pasangan kakek nenek, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bayangkan Anda sedang menjelang usia 70 tahun, kira-kira apa yang bakal Anda renungi mengenai diri sendiri? Sebuah survey yang dilakukan kepada para pensiunan usia senja baru-baru ini, mengungkap kontemplasi itu.

Temuan tersebut telah diterbitkan oleh Nationwide Building Society Savings, yang menganalisis sekelompok pensiunan pria dan wanita. Berikut adalah empat hal utama yang menjadi penyesalan terbesar dalam hidup mereka dan ingin mereka ubah jika memungkinkan.

Kurang traveling

Sebanyak 33 persen peserta menyesal karena tidak lebih banyak bepergian dan melancong di usia produktif. Uang dan tanggung jawab sering jadi faktor kunci penyesalan ini.

Kurang menabung

Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, dan sebanyak 31 persen peserta memang menyesalinya. Mereka berharap punya lebih banyak simpanan uang menjelang pensiun.

Kurang silaturahmi

Sebanyak 17 persen responden berharap tidak kehilangan kontak dengan teman atau anggota keluarga lain. Mereka berharap lebih bersemangat menjalani hidup, dengan tidak pernah berhenti membuat kenalan baru sekaligus tetap berhubungan rekat dengan seluruh keluarga besar.

Kehilangan pasangan

Hal ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi sejumlah orang menyesal tidak berusaha lebih untuk mempertahankan hubungan dengan pasangan di masa lalu. Sekira 14 persen dari mereka yang disurvei menyebutkan penyesalan romansa ini.

Kesimpulannya, melihat kembali kehidupan di masa silam memang dapat menyebabkan seseorang menyesali beberapa hal. Akan tetapi, pandangan ini diharapkan bisa menjadi pengingat untuk hidup lebih baik dengan lebih sedikit penyesalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement