Kamis 21 Apr 2016 08:14 WIB

Tips Hindari Nyeri Asam Urat

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Asam Urat. Ilustrasi
Foto: Megabored
Asam Urat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asam urat menjadi penyakit yang cukup menakutkan untuk usia-usia lanjut. Dengan rasa sakit disetiap persendian, menjadi pengalaman paling utama untuk melakukan aktivitas dengan nyaman.

Meski saat ini sudah banyak obat untuk meredakan nyeri akibat asam urat, tidak ada salahnya untuk Anda menjaga tubuh lebih baik lagi.

Berikut ini, cara terbaik merawat diri agar tidak terserang asam urat, dikutip dari Megabored, Kamis (21/4).

Hindari Makanan Tinggi Purin

Purin adalah zat yang diubah menjadi asam urat oleh tubuh. Untuk meminimalkan terjadinya nyeri, mengurangi konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, minuman dengan sirup jagung yang memiliki fruktosa tinggi, daging merah, dan kacang-kacangan.

Hidrasi yang tepat

Studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan air secara efektif menghemat terulangnya serangan nyeri. Minum air dengan cukup setiap hari akan menghambat pembentukan kristal urat pada sendi. Sebaiknya minum setidaknya 8 gelas air setiap hari jika Anda menderita nyeri.

Pengendalian berat

Kelebihan berat badan akan menempatkan terlalu banyak tekanan pada sendi. Hal ini membuat serangan nyeri akan berasa lebih menyakitkan. Untuk meminimalkan rasa sakit dan kadar asam urat yang lebih rendah, mempertahankan berat badan normal menjadi kunci utama. Menjaga berat badan normal juga mengurangi risiko mengembangkan komplikasi asam urat, seperti diabetes dan hipertensi.

Istirahat

Menurut Arthritis Foundation, memberikan diri Anda dengan istirahat cukup dengan membuat kaki sedikit santai dapat meminimalisir serangan. Topang kaki dengan bantal saat berbaring juga bisa dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement