Jumat 15 Apr 2016 10:17 WIB

Hentikan Kebiasaan Boros dengan 4 Tips Ini

Berhemat uang
Foto:
Rencanakan keuangan Anda agar siap diterpa kondisi sulit

Rencanakan Pengeluaran 

Tentu saja hal ini harus dilakukan. Mungkin selama ini Anda hanya mengandalkan ingatan ketika berbelanja dan sering kali merasa lapar mata ketika melihat barang lain yang dijual di toko. Hasrat untuk membeli kadang begitu tinggi sehingga Anda mungkin kesulitan mengendalikan emosi itu. Inilah yang menyebabkan Anda sering boros dalam berbelanja.

Ketika  berbelanja,  sebaiknya selalu membuat daftar belanjaan yang berguna mengontrol pengeluaran. Selain itu daftar belanja juga mengontrol Anda untuk lebih mempertimbangkan barang mana yang menjadi prioritas kebutuhan.

 

Belajarlah Hidup Sederhana

Memang sulit mengubah kebiasaan yang tadinya serba mudah mengeluarkan uang menjadi pribadi yang lebih perhitungan dalam berbelanja. Akan tetapi, ketika kebiasaan boros ini dipelihara, Anda sendiri yang akan merasakan akibat buruknya. 

Belajarlah hidup sederhana dan selalu bersyukur dengan apa yang Anda punya. Jangan selalu menuruti hasrat untuk memenuhi apa yang menjadi keinginan Anda.

Sekali-kali Anda boleh mengapresiasi diri dengan menuruti keinginan ketika Anda berhasil mencapai tujuan dalam hidup sederhana. Namun tentu saja ada batasan yang harus Anda patuhi dalam mengapresiasi diri sendiri itu. Jangan sampai hanya untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri Anda menjadi lupa diri dan tidak menerapkan hidup hemat dan sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement