Jumat 15 Apr 2016 10:17 WIB

Hentikan Kebiasaan Boros dengan 4 Tips Ini

Berhemat uang
Foto: alwayssavemoney.ca
Berhemat uang

REPUBLIKA.CO.ID, Sifat dan sikap boros nampaknya masih sering hinggap dalam diri kita. Kemajuan teknologi membuat kita lebih mudah mengakses informasi baru dan semakin merangsang kita untuk membeli, membeli, dan membeli barang baru. 

Promosi yang semakin dekat dengan kehidupan menjadikan kita serba tergantung pada produk jadi dan siap digunakan. Hal inilah yang kerap kali menghancurkan rencana anggaran belanja banyak orang terutama mereka yang sudah bekerja namun belum memiliki keluarga. Sehingga dalam benaknya hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Tahukah Anda bahwa sikap ini tentu berdampak buruk? Anda yang terbiasa hidup boros akan sangat merasa sulit dan tersiksa ketika ada suatu kebutuhan mendadak yang mengharuskan Anda mengeluarkan dana lebih banyak. Dan itu mengurangi porsi belanja bulanan Anda yang sudah diatur untuk hidup berfoya-foya. 

Maka dari itu, untuk membantu menghentikan sifat dan sikap boros ini, kami menyediakan beberapa tips mudah yang bisa diaplikasikan dalam keseharian agar Anda berhenti dari kebiasaan buruk ini.

 

Latihlah Agar Anda Mampu Menahan Diri

Poin pertama ini bisa jadi tips paling berat yang harus dilakukan. Memang kunci penghematan terletak pada  kemampuan menahan diri. Akan tetapi, inilah dasar yang harus dikuasai sebelum masuk pada tips selanjutnya  yang mungkin akan menyiksa Anda dalam menghentikan kebiasaan boros selama ini.

Salah satu cara untuk melatih diri adalah dengan mengetahui dulu mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Ingatlah kebutuhan merupakan barang-barang dan produk jasa yang harus Anda penuhi lebih dulu. Karena tanpa benda tersebut bisa jadi aktivitas keseharian Anda menjadi sangat terganggu. Sementara keinginan hanya sebatas pemuas nafsu dan tanpa kehadirannya Anda tetap masih bisa hidup dan menjalani aktivitas secara normal.

Mengetahui kebutuhan dan keinginan diri sendiri merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Sebab kebutuhan dan   keinginan antara satu orang dengan lainnya bisa jadi berbeda. Hal ini dipengaruhi banyak faktor seperti pekerjaan dan kebiasaan.

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement