Sabtu 09 Apr 2016 09:15 WIB

Akhir Pekan, Ada Gebyar Pesona Wisata di Gunung Galunggung

Wisatawan menaiki 602 anak tangga untuk menikmati pemandangan kawah Gunung Galunggung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (6/6). (Republika/Raisan Al Farisi)
Wisatawan menaiki 602 anak tangga untuk menikmati pemandangan kawah Gunung Galunggung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (6/6). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Memasuki akhir pekan ada satu acara menarik yang digelar di Tasikmalaya, Jawa Barat. Adalah "Gebyar Pesona Wisata Gunung Galunggung" yang akan berlangsung mulai hari ini, Sabtu (9/4) hingga Ahad (10/4).

Ini adalah festival tahunan yang memasuki tahun ke-5. Event ini digelar Pemerintah Kota Tasikmalaya dan didukung Kementerian Pariwisata.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu, acara ini bertujuan mempromosikan daya tarik Kawasan Wisata Gunung Galunggung sebagai salah satu potensi daya tarik wisata unggulan.

Event ini juga diharapkan dapat meningkatkan potensi apresiasi dan kreasi masyarakat melalui karya seni, kuliner, dan pengembangan kemitraan dalam menunjang peningkatan ekonomi kreatif.

Melalui acara ini pula diharapkan dapat membuka peluang bagi investor dalam mengembangkan kawasan ini. Baik dari wisata kuliner, jasa maupun tempat penginapan.

Rangkaian festival akan diawali dengan acara doa bersama pada Sabtu (9/4) pagi yang dihadiri warga dari sejumlah Kecamatan. Selanjutnya Jambore Pramuka Sadar Wisata Festival Pesona Galunggung 2016.

Di hari pertama festival juga akan melibatkan aktivitas sejumlah komunitas. Diantaranya Jeep Off Road di sekitar Cipanas Galunggung serta parade sepeda onthel dan komunitas sepeda umum.

Sementara di hari kedua, Ahad (10/4), akan diisi dengan parade sepeda touring dan Komunitas Sepeda Gunung yang akan mengambil rute dari perempatan Cipasung, Kecamatan Padakembang menempuh jarak 11 kilometer hingga Cipanas Galunggung. Tak ketinggalan atraksi sepeda gunung (downhill).

Sebagai acara puncak akan dilakukan upacara adat dan Gema Angklung arahan Saung Angklung Mang Udjo yang akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan pergerakan wisatawan ke Tasikmalaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement