Jumat 08 Apr 2016 11:36 WIB

Musi Triboatton 2016 Siap Digelar 11 Mei Mendatang

 International Musi Triboatton (IMT) IV – 2015.   (Republika/Maspril Aries)
International Musi Triboatton (IMT) IV – 2015. (Republika/Maspril Aries)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sungai Musi yang membentang di Sumatra Selatan (Sumsel) kembali menjadi arena bertarung ratusan atlet dari sejumlah daerah dan mancanegara.

Adalah Musi Triboatton, ajang tahunan yang mempertandingkan olahraga dayung (rafting, kano, dan dragonboat) sekaligus mempromosikan potensi pariwisata (sport tourism) di Sumsel yang akan berlangsung mulai 11 hingga 15 Mei mendatang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam peluncuran Musi Triboatton 2016, Kamis (7/4) malam mengatakan, ajang ini mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di tahun ini.

"Sumatra Selatan memiliki atraksi alam yang bagus. Ikonya adalah sungai Musi. Jika diadu dengan Danau Toba, Sumsel mungkin tidak bisa mengalahkan Sumut. Tapi dari sport tourism, Sumsel bisa menang," ujar Arief Yahya.

Keindahan Sungai Musi, ditunjang dengan keberagaman lainnya di Sumatra Selatan seperti budaya, kuliner dan tradisi (religi) menambah kekayaan Sumatra Selatan.

"Ini akan menjadi ara yang efektif mempromosikan potensi pariwisata Sumsel ke mancanegara sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan karena even seperti ini memberikan direct impact dan media value yang tinggi," ujar Menpar.

Apalagi Palembang akan memiliki event besar di 2018, yakni menjadi tuan rumah ASEAN Games bersama Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement