Kamis 07 Apr 2016 21:00 WIB

Bintan Kembali Jadi Tuan Rumah Ironman 70.3

jumpa pers Ironman 70.3 di FX Lifestyle Mall, Jakarta.
Foto: Puskompublik Kemenpar
jumpa pers Ironman 70.3 di FX Lifestyle Mall, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah debut pertama tahun 2015 lalu sukses, Ironman 70.3 kembali dihelat di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Terpilihnya Bintan kembali dalam ajang triathlon ini semakin memperkuat posisi kawasan tersebut sebagai destinasi wisata olahraga.

"Penyelenggaraan ajang triathlon Ironman 70.3 ini memberi dampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan perolehan devisa," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/4).

Ditambahkan oleh Nia Niscaya, Assisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah dan Afrika Bintan merupakan salah satu destinasi perbatasan yang signifikan menarik perhatian wisman negara tetangga.

"Event sport tourism merupakan sarana untuk mempromosikan destinasi," tambah dia dalam jumpa pers Ironman 70.3 di FX Lifestyle Mall, Jakarta.

Sementara itu menurut CEO Metasport, Nathalie Marquet, Ironman 70.3 Bintan tahun ini banyak menjaring peserta yang nantinya akan mengikuti kejuaraan dunia Ironman 2016 di Kona, Hawaii.

"Kami menargetkan 1000 peserta untuk acara tahun ini. Terdapat minat yang terus tumbuh dari Indonesia dan kami berharap 15 persen atlet Indonesia dapat mengikuti kompetisi ini," kata dia.

Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam, pantai berpasir putih, taman laut dan hutan tropis serta dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur berkelas dunia.

Seperti penyelenggaraan tahun lalu, kompetisi Ironman kali ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi. Plaza Lagoi menjadi pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi, Bintan Resorts. Acara yang akan diselenggarakan pada 28 Agustus 2016 mendatang ini diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisman sehingga mencapai target 12 juta di akhir 2016 nanti.

Para atlet Ironman 70.3 akan mulai dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang nan jernih serta dapat melihat pemandangan bawah laut yang sangat memukau. Kemudian para atlet melanjutkan dengan bersepeda di jalanan Bintan sepanjang 56 mil (90 km) serta diakhiri dengan lomba lari sepanjang 21 km.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement