Rabu 06 Apr 2016 07:16 WIB

Setop Merokok Bikin Gemuk? Coba Tips Ini

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Larangan merokok
Foto: flickr
Larangan merokok

REPUBLIKA.CO.ID, Berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi bagi Anda yang merupakan seorang perokok berat. Berhenti merokok menyebabkan berbagai efek samping. Salah satu efek samping utama adalah kenaikan berat badan. Penurunan nikotin dalam tubuh dengan berhenti merokok bisa menyebabkan kenaikan berat badan sekitar tiga kilogram.

Namun, penyebab utama kenaikan berat badan adalah peningkatan nafsu makan, yang menyebabkan peningkatan asupan makanan. Mantan perokok cenderung lebih banyak mengkonsumsi permen, makanan ringan dan cokelat sebagai pengganti rokok.

Ada beberapa cara untuk mencegah efek samping dari berhenti merokok. Dilansir dari Korea Herald, berikut beberapa upaya yang dapat diikuti.

Pola makan yang sehat

Konsumsilah buah-buahan segar dan sayuran, seperti mentimun, wortel, tomat ceri setiap kali anda ingin merokok. Hindari buah-buahan yang memiliki kalori tinggi, seperti buah anggur dan pir. Kalori yang tinggi akan cepat membantu menaikkan berat badan. Bila ingin makan makanan ringan hindarilah makanan yang mengandung banyak gula, seperti permen. Sebaiknya konsumsi vitamin, jus buah, atau teh hijau.

Perbanyak minum air

Banyak minum air sangat membantu saat anda sedang mencoba untuk berhenti merokok. Air juga dapat menenangkan, menyembuhkan, dan mendetoksifikasi tubuh. Air bisa membantu anda untuk mengatasi berbagai dorongan dan perasaan tidak nyaman yang muncul saat mulai berhenti merokok. Hal ini meningkatkan penghapusan nikotin dari tubuh, dan dapat mencegah keinginan rokok. Serta terhindar dari kenaikan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement