Ahad 03 Apr 2016 09:03 WIB

Dubai, Kota Menggiurkan Membeli Emas

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Toko emas di Dubai
Foto: AFP
Toko emas di Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Dubai, kota metropolitan yang berada di tengah-tengah padang pasir. Kota ini sering kali diidentikan dengan emas.

Emas merupakan logam mulai yang memiliki nilai tinggi. Keberadannya masih menjadi patokan untuk menunjukan rasa elegan bahkan sebuah kemewahan dari seseorang

Akhir-akhir ini, beberapa warga Nigeria sedang menggandrungi emas yang berasal dari Dubai. Mereka tidak hanya mencari emas untuk dibeli atau meleburnya menjadi sebuah perhiasan baru, tapi juga hanya sekadar untuk membenahi aksesoris emas yang terlihat kusam atau rusak.

Contoh saja keluarga Esochaghi yang berasal dari Nigeria. Mereka sengaja datang jauh-jauh untuk melebur perlengkapan emas mereka menjadi aksesoris baru. Menurut Ugochi Esocaghi, keputusan keluarga mereka melakukan transaksi emas di salah satu kota Uni Emirat Arab ini disebabkan produknya yang baik dan juga menawarkan harga yang lebih murah.

"Banyak teman-teman saya datang ke sini. Ini adalah hal yang populer untuk dilakukan," ujar Ughoci dikutip dari BBC, Ahad (3/4).

Dubai semakin tahun bertambah serius menggarap destinasi wisata yang dapat menarik pengunjung secara langsung atau pun hanya transit sesaat ketika melakukan penerbangan. Tahun lalu, lebih dari 14 juta pengunjung tinggal setidaknya semalam di Dubai.

Terlebih lagi dengan mendorong pembelian emas, negara ini semakin dimintai. Kelebihan yang ditawarkan untuk pembelian emas adalah tidak dibebankannya pembeli dengan pajak, sehingga orang-orang cukup tertarik dengan penawaran menggiurkan tersebut.

Jika Anda berminat membeli emas ketika singgah ke Dubai, cara ini mungkin bisa membantu memberikan emas dengan kwalitas baik plus harga yang menyenangkan.

Pertama, jangan sungkan melakukan tawar menawar ketika membeli emas. cara ini memang klasik, tapi cara terbaik mendapatkan harga yang menyenangkan untuk Anda. Kedua, tunjukkan identitas Anda, seperti paspor ketika berbelanja, sebab penjual emas membutuhkannya untuk membuat tanda terima.

Ketiga, hanya membeli di toko yang terjamin. Jangan coba-coba tergiur dengan tawaran rendah oleh seseorang yang menghampiri Anda di jalan, bisa saja Anda malah tertipu. Keempat, untuk menghindari penipuan, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan mencek terlebih dahulu harga emas pada hari itu. Ini menghindari harga yang terlampau mahal atau justru terlampau murah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement