Rabu 30 Mar 2016 10:56 WIB

Cara Cermat Mengatur Gaji Pertama

Gaji pertama memang menggiurkan untuk dihabiskan, tapi cerdaslah mengatur keuangan agar bermanfaat bagi hidup.
Foto:
Bijak mengatur gaji pertama sangat penting sebagai fondasi keuangan seseorang.

Hindari Hal  yang Tidak Terlalu Dijadikan Prioritas

Cukup banyak hal yang sama sekali belum termasuk prioritas, terkadang malah dijadikan kebutuhan utama, padahal penggunaannya sendiri sebenarnya tidaklah terlalu penting. Beberapa hal tersebut yang dimaksud diantaranya seperti berbelanja barang-barang yang nilainya mewah seperti jam tangan, ponsel baru, aksesoris baru, kemudian mentraktir teman setiap gajian, dan sebagainya.

Jangan hambur-hamburkan uang untuk berbagai hal tersebut. Sebab pada dasarnya kita memiliki banyak kebutuhan utama yang mesti dipenuhi terlebih dahulu.

Prioritaskan pengeluaran Anda untuk Kebutuhan Utama

Dengan mengetahui dan memahami apa saja kebutuhan yang diprioritaskan untuk dibelanjakan,  akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih teratur. Selain itu, Anda juga akan lebih disiplin dalam mengeluarkan uang.

Dengan demikian, pola mengatur keuangan tersebut dapat menunjukkan sikap dewasa Anda dalam mengelola keuangan yang dimiliki, sehingga di masa depan kita sudah terbiasa dalam melakukan hal ini. Harapannya, Anda dapat mengelola setiap pemasukan dan penghasilan yang dimilikinya sehingga kehidupan ke depannya dapat lebih sejahtera dan mandiri, tanpa harus bergantung dengan utang yang sebenarnya malah akan menjadi masalah bagi keuangan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement