Senin 28 Mar 2016 11:24 WIB

Tempat Wisata Baru Segera Dibuka di Kota Solo

Kereta wisata kuno melintas di jalanan Kota Solo, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Kereta wisata kuno melintas di jalanan Kota Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebuah tempat wisata sejarah baru akan dibuka di Kota Solo, Jawa Tengah, dalam waktu dekat. Tempat wisata baru tersebut adalah Museum Keris.

Museum Keris terletak di Jalan Bhayangkara Solo yang dibangun dengan menghasbiskan dana sebesar Rp 20 miliar dijadwalkan diresmikan Oktober 2016, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Surakarta Eny Tyasni Suzana.

"Dibukanya Museum Keris untuk umum diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik," kata Kepala Disbudpar Pemkot Surakarta Eny Tyasni Suzana di Solo, Senin (28/3).

Ia mengatakan proyek lanjutan pembangunan Museum Keris masih menunggu revisi detail engineering design (DED). Revisi DED ditargetkan rampung akhir bulan ini. Revisi DED salah satunya mengenai pendetailan film yang akan diputar dalam Museum Keris.

"Ya kami jadwalkan proyek Museum Keris baru dikerjakan Juni. Waktu pekerjaan tiga bulan, jadi September proyek rampung dan Oktober bisa dibuka, katanya.

Eny mengatakan proyek kegiatan yang akan dikerjakan di antaranya pembuatan story line dan diorama. Proyek itu menelan anggaran Rp 1,8 miliar, dengan dibukanya Museum Keris diharapkan menjadi tujuan baru bagi wisatawan saat berkunjung ke Solo.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement