Rabu 23 Mar 2016 19:43 WIB

Wisata Golf, Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisman Korsel ke Indonesia

Golf
Foto: Antara
Golf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demi mendatangkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan Sales Mission Golf Korea 2016 di Seoul.

Dalam acara tersebut, Indonesia mengenalkan potensi wisata golf kepada publik Korea Selatan yang mayoritas gemar bermain golf di luar negeri.

"Wisatawan bisa bermain golf sambil menikmati keindahan alam Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Republik Korea John A. Prasetio dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id Rabu (23/3).

Dijelaskan lebih lanjut, faktor penarik lainnya, adalah harga paket bermain golf di Indonesia yang lebih murah daripada di Korea.

Direktur Pemasaran PT Visi Prima Golf Merry Kwan menambahkan, paket bermain golf lima hari empat malam di Indonesia hanya sekitar 550 dolar AS.

"Itu pun sudah termasuk akomodasi, transportasi, green fee, caddy fee, dan fasilitas lainnya."

Sementara itu Kementerian Pariwisata yang diwakili Jordi Paliama mengatakan, sebelum kegiatan di Seoul dan Busan ini, kegiatan serupa sudah lebih dulu digelar di Cina dan Jepang.

Peluang Indonesia menarik pegolf ketiga negara ini terbuka sebab biaya bermain golf di Korea dan Jepang mahal. Korea juga menjadi target pasar kunci bagi Indonesia, karena berdasarkan riset diperkirakan sekitar 3,5 juta per tahun orang Korea berwisata golf ke luar negeri dengan tingkat pengeluaran antara USD 3.000-5.000 setiap perjalanannya per orang.

Menurut catatan Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Seoul, Fuad Adriansyah, sebanyak 4.19 persen alasan berkunjung wisman Korea adalah untuk olahraga termasuk di dalamnya wisata golf. Perlu diketahui golf merupakan 1 dari 7 wisata minat khusus yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

Tahun ini Indonesia menargetkan 400.000 kunjungan wisatawan dari Korea. Secara keseluruhan, target kunjungan wisman tahun ini adalah 12 juta. Tahun lalu Indonesia berhasil menarik 10,4 juta kunjungan wisman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement