Senin 21 Mar 2016 12:13 WIB

Tips Atur Tagihan Kartu Kredit yang Sehat

Kartu kredit
Foto: AP/Patrick Semansky
Kartu kredit VISA

Batasi Pemakaian

Kartu kredit Anda memiliki batasan yang tidak bisa Anda lewati. Namun, diri Anda sendiri sudah seharusnya memiliki batasan yang lebih rendah dari yang ditetapkan oleh bank. Tips satu ini berguna untuk menjaga diri Anda dari pemborosan yang tidak terkontrol. Milikilah limit pribadi bagi diri Anda sendiri dan jumlahnya tentu saja harus di bawah limit yang ditetapkan oleh bank. Mungkin 2/3 bagian dari limit yang ditetapkan bank bisa menjadi bagian yang boleh Anda gunakan.

Kuasai Diri

Kuasai diri Anda, kontrol emosi untuk menghindarkan Anda dari keinginan yang membawa tagihan membengkak. Masalah satu ini membawa dampak yang besar ketika Anda tidak berhasil menguasai diri Anda sendiri. Keinginan akan selalu muncul meski Anda tahu bahwa ada tagihan yang belum terbayar pada periode sebelumnya. Kontrol diri yang baik akan membawa Anda keluar dari permasalahan pengelolaan kartu kredit yang buruk.

Gunakan dengan Bijak

Itulah beberapa hal yang merupakan kebiasaan baik serta bijak dalam menggunakan kartu kredit. Ingatlah untuk tidak membuat diri Anda sendiri jatuh pada lubang yang sama karena pada akhirnya yang merasakan kerugian itu bisa saja bukan diri Anda sendiri.

Kartu kredit bisa menjadi penyelamat namun di sisi lain ketika Anda tidak sanggup mengontrolnya bisa menjadi momok yang menakutkan. Kuasai diri Anda, kuasai emosi Anda, gunakan sebijak mungkin. Pilah pilih mana yang menjadi kebutuhan apalagi hal mendesak. Jangan gunakan kartu kredit sebagai pemenuh keinginan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement