Senin 21 Mar 2016 10:12 WIB

Cara Aman Hindari Macet Bayar Kartu Kredit

Membayar dengan kartu kredit
Foto:
Perencanaan keuangan

Hitung Pengeluaran

Perhitungkan pendapatan per bulan yang akan Anda belanjakan. Usahakan untuk tidak melewati batas atau limit belanja per bulan untuk menghindarkan Anda dari tagihan bulan depan yang lebih banyak dibanding dengan pendapatan Anda. Keadaan ini bisa memaksa Anda melakukan utang melalui kartu kredit.

Manfaatkan Promo dan Cicilan

Kartu kredit memiliki keunggulan dari segi banyaknya promo dan berlakunya cicilan 0 persen yang bisa Anda manfaatkan untuk mengontrol pengeluaran dengan menggunakan kartu kredit. Dengan memanfaatkan promo dan cicilan 0 persen ini bukan tidak mungkin nilai jumlah pembelanjaan Anda lebih rendah daripada yang seharusnya sehingga Anda tidak terbebani dengan tagihan yang membengkak.

Lakukan Tindakan Nyata

Beberapa tips di atas jika dilakukan akan membantu Anda bebas  dari ancaman pembayaran kartu kredit yang macet akibat terlalu sering menunda pembayaran namun melancarkan aksi penggunaan kartu kredit secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Sebagai saran, untuk lebih dapat mengontrol pengeluaran Anda bisa membuat perencanaan yang harus Anda patuhi atau ganti penggunaan kartu kredit dengan kartu debit yang secara otomatis memotong dana Anda ketika melakukan pembayaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement