Senin 21 Mar 2016 10:12 WIB

Cara Aman Hindari Macet Bayar Kartu Kredit

Membayar dengan kartu kredit
Foto: Republika/Prayogi
Membayar dengan kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, Masyarakat Indonesia sudah semakin maju dalam menanggapi transformasi di berbagai bidang. Misalnya inovasi yang terjadi pada dunia teknologi informasi dan bisnis, banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan istilah kartu debit dan kartu kredit. Bahkan, tidak menutup kemungkinan memiliki kedua jenis kartu ini dari berbagai bank.

Perilaku ini mencerminkan bahwa masyarakat Indonesia cukup terbuka dengan kemajuan zaman dan menerima kemajuan tersebut dalam keseharian hidup. Akan tetapi, masih sangat disayangkan kemajuan teknologi informasi dan dunia bisnis ini tidak ditanggapi dengan sikap yang profesional.

Masalah kredit macet muncul ketika seseorang pemegang kartu kredit memiliki masalah inti pada dirinya yang cukup buruk yaitu sikap suka menunda-nunda hal yang harus diselesaikan saat ini. Pemegang kartu kredit juga disinyalir memiliki ketidakmampuan mengontrol diri untuk menggesek kartu kredit guna memenuhi keinginan dan kebutuhan tanpa mempersiapkan dengan membuat rencana dan penganggaran yang transaksinya boleh diselesaikan dengan menggunakan kartu kredit.

Guna menghindari pembayaran kartu kredit yang macet, simak 5 cara aman berikut supaya terhindari dari kredit macet.

Batas Penggunaan Kartu Kredit

Ketahui batas penggunaan kartu kredit Anda setiap tahun. Setelah itu, buat anggaran atau perencanaan yang akan dikeluarkan setiap bulannya. Jangan menghabiskan semua jatah limit kartu kredit secara penuh. Gunakan 50 persen hingga 60 persen bagian saja untuk menghindarkan Anda dari masalah overlimit.

Kelola Diri

Kelola diri Anda sendiri sebagai sumber yang membuat pengeluaran dengan kartu kredit tersebut. Rencanakan semua pembelanjaan dan pengeluaran yang tak terduga dan harus dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Rencana pengeluaran ini merupakan framework yang tidak boleh Anda langgar guna menghindarkan Anda dari pembayaran kartu kredit yang macet.

Segera Lunasi Tagihan

Penyebab macetnya pembayaran kartu kredit adalah tagihan menumpuk yang mungkin muncul akibat terdapat bunga. Seperti yang kita ketahui, bunga yang diterapkan pada kartu kredit termasuk besar dan hal ini akan terus bertambah ketika Anda tidak segera melunasi tagihan tersebut. Lupa akan tanggal tagihan kartu kredit bisa menjadi penyebab tagihan Anda semakin menggunung. Selalu catat tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit Anda jika Anda tidak ingin dana Anda habis sekadar untuk membayar bunga tagihan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement