Sabtu 19 Mar 2016 18:10 WIB

Masyarakat Antusias Saksikan Cirebon Festival 2016

Tari topeng Cirebon
Foto: ANTARA FOTO/Teresia May
Tari topeng Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Masyarakat Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) antusias menyaksikan kirab seni budaya khas Cirebon yang dibalut melalui kegiatan bertajuk Cirebon Festival 2016. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati hari jadi daerah tersebut yang ke 534 tahun.

Salah seorang warga Iwan, Sabtu (19/3) mengatakan, sangat senang menyaksikan kirab seni budaya khas Cirebon yang begitu beragam dan sangat menghibur. Misalnya ada tari topeng, buraq dan masih banyak lagi kesenian lain. "Acaranya meriah dengan adanya beberapa penampilan dari sanggar seni juga kesenian khas Cirebon," katanya saat menyaksikan pawai.

Menurut dia, kesenian yang seperti itu perlu dilestarikan. Ia juga berharap agar bisa menyaksikannya pada setiap tahun. Sementara itu warga lain Sofy menuturkan, dari mulai pembukaan festival tersebut, ia mengikuti untuk mengambil beberapa foto yang menarik. Meski pun kegiatan berlangsung di tengah cuaca panas, ia tetap antusias untuk mengabadikan momen tersbut.

"Saya datang dari pukul 8.00 WIB untuk menyaksikan pembukaan dan sekaligus mengabadikan momen yang jarang saya temui," katanya.

Menurut dia, acaranya sangat menghibur dan sangat beragam. Berbagai kesenian tradisional ditampilkan dan itu ada makna tersendiri bagi dirinya yang gemar mengabadikan momen melalui foto.

Sementara itu Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengatakan, agenda ini memang diselenggarakan setiap tahun, karena dalam rangka memperingati hari jadi Cirebon. Pelaksanaan kali ini memilih tempat di pasar tradisional Trusmi.

MenurutSunjaya, dengan diadakannya festival tersebut di Trusmi diharapkan  bisa lebih megajak dan mengenalkan kepada kawula muda dan masyarakat luas.

"Bedanya dengan tahun lalu dilaksankan di Sumber dan sekarang di Trusmi. Ini bertujuan untuk lebih megenalkan budaya Cirebon ke khalayak, karena jalur patura ini juga dilalui berbagai macam daerah," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement