Jumat 18 Mar 2016 11:29 WIB

Jeram Citarik Diakui Asosiasi Internasional

Menikmati Jeram di Sungai Citarik
Foto: IST
Menikmati Jeram di Sungai Citarik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dikenal dengan beragam karakter sungai yang cocok untuk merasakan sensasi arung jeram. Khusus di Jawa Barat, ada satu sungai yang terbaik. Adalah Sungai Citarik.

Apa istimewanya?

Di daerah Jawa Barat, khususnya Sukabumi ada dua sungai yang biasa dijadikan lokasi arung jeram. Pertama adalah sungai Citatih dan selanjutnya sungai Citarik.

Ary, dari Caldera Indonesia, pengelola arum jeram di sungai Citarik mengatakan, Citarik telah mendapat pengakuan dari asosiasi arung jeram internasional.

"Sungai Citarik dipilih oleh asosiasi arung jeram internasional sebagai yang terbaik di Jawa Barat. Karena itu kejuaraan rafting internasional arung jeram kemarin diselenggarakan di sini," ujar Ary.

Banyaknya jeram dengan beragam karakter menjadikan lokasi ini cocok untuk mereka yang pemula hingga profesional.

"Kita ada mulai dari 5 kilometer, 9, 13 dan paling jauh 17 kilometer," kata dia.

Untuk pemula ia menyarankan untuk bisa mengambil dengan panjang tempuh 5 atau 9 kilometer.

Uniknya, penikmat bisa menikmati arung jeram di sungai Citarik sepanjang waktu. Debit air di sungai ini dikatakan Ary relatif stabil sepanjang waktu.

"Di sepanjang sungai penikmat jeram dimanjakan dengan view yang begitu alami. Banyak pohon menjulang dan masih ada biawak di pinggir sungai," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement