Kamis 17 Mar 2016 14:22 WIB

Imlek, Border Tourism, dan GMT Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana
Foto: Republika/Winda Destiana
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga event besar yang baru saja digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana, ketiga event tersebut adalah Imlek, promosi Wonderful Indonesia Festival di wilayah perbatasan (cross border) dan Gerhana Matahari Total (GMT) yang baru saja dilaksanakan mampu memenuhi target kunjungan wisatawan asing sebesar 12 juta orang pada 2016 ini.

"Bila pada Januari 2016 lalu kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 814.303 atau tumbuh sebesar 3,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 sebanyak 785.973 wisman, diharapkan dengan tiga event tersebut tadi mampu membuat kunjungan wisatawan melonjak," kata dia dalam jumpa pers bulanan di Gedung Sapta Pesona Kamis (17/3).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa capaian angka kunjungan wisatawan pada Januari lalu wisman yang datang melalui pintu great Bali, great Jakarta, dan great Batam.

"Dengan mayoritas wisatawan berasal dari Cina, Singapura dan Eropa. Capaian ini melampaui target kami di angka 700 ribu wisman," tutup dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement