REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wonderful Indonesia kembali menyabet penghargaan di tingkat internasional.
Setelah sukses meraih gelar The Best Exhibitor kategori Asia, Australia, Oceania di ITB Berlin 9-13 Maret 2016 dan ASEAN Favourite Destination di MATTA Fair 2016 Kuala Lumpur, kini Wonderful Indonesia menyabet Gold Award for Design Excellence di ajang Hong Kong Flower Show 2016 yang digelar di Victoria Part, Causeway Bay, Hongkong.
Dalam ajang itu, booth yang didesain Kemenpar menyisihkan 126 stan lain di gelaran “Kemenangan itu tidak seperti durian runtuh, tiba-tiba dapat rezeki nomplok. Kemenangan itu harus direncanakan. Kemenpar di setiap kompetisi yang di level internasional, targetnya adalah juara. Nah, untuk menjadi juara itulah standarnya harus global juga,” ungkap Menpar Arief Yahya, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/3).
Menpar mencontohkan, soal peringkat branding Wonderful Indonesia di Tour and Travel Competitiveness Index, World Economic Forum. Menurut dia, ada 14 pilar yang dipecah-pecah lagi ke dalam sub-sub pilar, yang sangat detail. Tiga poin terendah Indonesia ada di infrastructure, health and hygine, dan ICT readiness.
Di titik itulah, kata Arief, yang terus diperbaiki, hingga berstandar global. “Jadi, semangat berkompetisi adalah best practice untuk membuat kita kuat dan siap. Kalau kita menang di situ, maka secara otomatis, sudah standar global,” papar Arief Yahya.
Menurut dia, Gold Award for Design Excellence di Hongkong itu bukan penghargaan sembarangan. Sepanjang gelaran, penghargaan ini hanya diberikan kepada tim yang dianggap menampilkan desain terbaik. Arief mengungkapkan, tampilan booth-nya juga harus ‘wow’. Dan desainnya, harus menggunakan ribuan kuntum bungan segar.
“Karena itu, ini adalah kebanggaan buat kami. Hongkong Flower Show merupakan even besar dan menjadi ikon pariwisata di Hongkong," imbuh Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, didampingi I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara.
“Ini seperti Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat. Kebetulan, pada 2011 Wonderful Indonesia pernah mendapatkan President Trophy di sana. Keberhasilan di Amerika Serikat tersebut menjadi inspirasi kami untuk mendapatkan penghargaan bergengsi di Hongkong,” cetus Vinsen.
Menurut Vinsen, penghargaan yang diraih ini adalah buah kerja keras dan semangat kerja Indonesia Incorporated. Di Victoria Park, Kementerian Pariwisata juga dibantu penuh oleh tim Konsulat Jenderal RI di Hongkong. Untuk tahun ini, Wonderful Indonesia tampil dengan Borobudur versi mini dan pemandangan indah pantai di Belitung.
Borobudur dipilih telah diakui di dunia sebagai candi terbesar dan tertua. Bahkan, pengakuan tersebut telah dikeluarkan oleh organisasi kebudayaan dari Perserikatan Bangsa-bangsa yakni UNESCO. Candi terbesar dunia itu juga pernah tercatat sebagai The Seven Wonder in The World. Selain itu, Borobudur juga dipilih menjadi satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas.
Untuk Pantai Belitung, Kementerian Pariwisata juga punya alasan sendiri. Kawasan yang naik daun lantaran film Laskar Pelangi itu punya pantai cantik dengan batu granit raksasa yang tersusun begitu artistik. Inilah salah satu kawasan yang tengah didorong menjadi 10 Bali Baru. Pasirnya putih dan halus. Airnya biru jernih. Bahkan salah satu pantainya, Tanjung Kelayang, kerap disinggahi oleh ratusan kapal pesiar dari mancanegara dalam event Sail Indonesia.
“Tema ini jadi seperti magnet bagi pengunung yang datang. Banyak yang takjub dan berselfie ria dekat Borobudur mini dan replika Pantai Belitung. Efeknya sangat dahsyat karena tahun ini acaranya dikunjungi sekitar 600 ribu orang,” papar Vinsen.