Selasa 15 Mar 2016 15:39 WIB

Pameran Dianggap Sebagai Bentuk Penyelamat Budaya dan Wisata Indonesia

Ekskursi Korowai
Foto: Republika/Winda Destiana
Ekskursi Korowai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pariwisata bukan hanya sekedar alam, namun juga budaya. Bentuk promosi nya pun beragam.

Bukan hanya sekedar pameran perjalanan, melalui sebuah karya berbentuk ekskursi atau pameran arsitektur juga diklaim dapat menyelamatkan budaya dan pariwisata Indonesia.

"Kita memiliki karya arsitektur atau tradisi masyarakat lokal yang perlu dilestarikan. Suatu proses pendokumentasian tersebut yang berupa pameran dapat menyelamatkan aset kebudayaan bangsa," kata Asisten Deputi Pengembangan Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Indonesia, Tazbir usai membuka pameran Ekskursi Korowai di Museum Nasional, Senin (14/3).

Dia yakin, pameran arsitektur seperti yang dilakukan para mahasiswa Universitas Indonesia ini mampu menjadikan pariwisata Indonesia terekam dengan baik dari segi berbeda.

"Pameran menjadi bagian dari mengenalkan suatu daerah baru ke kancah internasional. Sehingga, lambat laun daerah tersebut mulai disinggahi wisatawan," kata dia menambahkan.

Ekskursi Arsitektur UI merupakan program kerja tahunan Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia untuk melakukan perjalanan dan meneliti suatu daerah suku pedalaman.

Kegiatan ini mempunyai konsistensi dalam menggali dan memaparkan kekayaan arsitektur nusantara untuk dipublikasikan kepada khalayak luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement