Selasa 15 Mar 2016 07:45 WIB

3 Cara Memasak Ikan Bebas Amis

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Ikan segar/ilustrasi
Foto: ralphsfreshfishmongers.com
Ikan segar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia internet penuh dengan tips dan trik mengolah ikan supaya tidak berbau amis saat dimasak. Cara-cara seperti merendam ikan dengan jeruk nipis atau cuka, merendam ikan dengan air susu, dan sebagainya adalah beberapa saran yang diberikan.

Ikan mengandung bahan kimia disebut trimetilamin oksida yang akan rusak ketika hewan air ini mati atau terkena udara. Inilah bau amis yang kemudian dihasilkan tubuh ikan menyerupai amonia. 

Berikut adalah tips untuk menghindari bau amis pada ikan yang Anda masak, dilansir dari Prevention, Selasa (15/3).

 

Direbus

Ketika Anda memasak ikan di dalam air, dagingnya akan menjadi lembut dan bau amisnya bisa hilang. Bagaimana caranya? Anda bisa merebus ikan dengan bumbu rempah yang Anda suka. Didihkan di atas api yang tidak terlalu panas hingga matang.

 

Difillet

Ikan juga memiliki bau amis tersembunyi di dalam dagingnya. Anda bisa mengolehnya dengan cara difillet. Fillet ikan dengan tambahan sayuran aromatik. Lamanya bervariasi, bergantung potongan ikan Anda. Ikan dengan potongan seberat delapan ons misalnya difillet dalam waktu sekitar 15 menit pada suhu 200 derajat celsius.

 

Dipanggang

Cara paling jitu menghindari bau amis ikan di dapur adalah memanggangnya. Minyak ikan tersimpan di bawah kulit ikan. Pertimbangkan Anda memanggang ikan di atas grill pan atau teflon besi yang antilengket. Cara lainnya adalah menggunakan papan kayu untuk memanggangnya dengan arang.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement