REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN --Kepopuleran Wonderful Indonesia rupanya bukan isapan jempol semata. Ini dibuktikan dengan suksesnya brand pariwisata Indonesia tersebut di ajang ITB Berlin 2016.
Wonderful Indonesia menyabet jawara sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania pada bursa pariwisata terbesar di dunia yang berlangsung pada 9-13 Maret 2016.
"Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan," ujar Menpar Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika dalam keterangan resmi kepada Republika.co.id Ahad, (13/3).
Dijelaskan lebih lanjut, pertama, booth dan spacenya harus memberi kesan welcome kepada tamu. Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar, karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya di samping bersebelahan dengan Malaysia.
Kedua, bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan.
Di coffee corner, Indonesia punya dua macam barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja.
Satu lagi peracik coctail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.
Keempat, official yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan ITB Berlin memahami bahasa lokal, Germany. Sehingga hampir tidak pernah ada missunderstanding selama pre, on dan post event.
"Semua itu dipersiapkan dengan tidak tanggung-tanggung," tambah Menpar Arief.
Kemenangan ini berarti melengkapi semua travel mart di bulan Februari Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.
"Puncaknya ITB Berlin ini. Impact nya terhadap marketing adalah, brand Wonderful Indonesia semakin menanjak tajam," ungkap Marketeer of The Year 2013 ini.