Ahad 13 Mar 2016 13:16 WIB

10 Fakta Unik tentang Merokok

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Larangan merokok
Foto: flickr
Larangan merokok

REPUBLIKA.CO.ID, Merokok adalah kebiasaan yang sangat merugikan kesehatan, dan terbukti dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, hingga gangguan kehamilan dan janin. Namun, tak ada salahnya mendaftar sejumlah fakta tentang merokok dari sejumlah belahan dunia berikut ini.

1. British Heart Foundation menggagas Hari Tanpa Rokok Sedunia yang dilangsungkan tiap tahun sejak tahun 1984. Program yang merupakan bagian dari kampanye agar orang berhenti merokok itu jatuh pada hari Rabu dalam pekan kedua di bulan Maret.

2. Tembakau dan obat halusinogen telah diisap sebagai rokok di Amerika sejak tahun 5000 sebelum Masehi.

3. Dewi Cihuacoatl dalam mitologi Aztec disebut memiliki tubuh yang terdiri dari tembakau.

4. Istilah nikotin diambil dari nama Jean Nicot yang memperkenalkan tembakau ke Perancis pada tahun 1660.

5. Meskipun Walter Raleigh secara luas diketahui sebagai orang yang memperkenalkan tembakau ke Inggris, sebenarnya orang Perancis dan Spanyol telah membawanya terlebih dahulu saat Raleigh masih kecil.

6. Kata cigar (cerutu) pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1735 dan kata cigarette (rokok) pada tahun 1842.

7. Pipa untuk merokok tembakau pertama kali disebutkan dalam bahasa Inggris oleh Thomas Hariot.

8. Diperkirakan 120.000 orang meninggal setiap tahun di Inggris karena penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

9. Sekitar 10 juta penduduk di Inggris adalah perokok, yang terdiri dari 22 persen laki-laki dewasa dan 17 persen perempuan dewasa dari total populasi.

10. Dikutip dari laman Express, mendiang penulis Amerika Mark Twain menyadari sulitnya menghentikan kebiasaan merokok. Penulis The Adventures of Huckleberry Finn itu berkata dalam ironi, "berhenti merokok adalah hal yang termudah di dunia. Saya tahu karena saya sudah melakukannya ribuan kali."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement