Sabtu 12 Mar 2016 14:22 WIB

Dinosaurus Diduga Pernah Hidup di Bukit Ini

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Jejak kaki dinosaurus di bukit dinosaurus.
Foto: Mark Ryan/Flickr
Jejak kaki dinosaurus di bukit dinosaurus.

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO -- Di Morrison, Colorado, Amerika Serikat (AS) terdapat sebuh tempat yang dikenal dengan nama Bukit Dinosaurus. Dilansir dari laman Amusing Planet, tempat ini ditemukan pada 1877 oleh Arthur Lakes, bukit ini dahulu pernah menjadi tempat di mana hewan purbakala itu tinggal.

Beberapa jenis dinosaurus terkenal yang ada di bukit ini diantaranya adalah Apatosaurus, Diplodocus, Stegosaurus, dan Allosaurus. Bahkan, tulang belulang dari Stegosaurus dan Apatosaurus masih tersisa di sana.

Selain itu, bukit ini juga terkenal dengan banyaknya jejak kaki dinosaurus yang menempel di bebatuan. Diketahui, kebanyakan jejak kaki ini berasal dari dinosaurus bersayap yang siap bermigrasi dari utara ke selatan.

Sekitar 145 ribu juta tahun lalu, wilayah Colorado merupakan dataran rendah yang dilintasi sungai beraliran tenang. Seiring berjalannya waktu, kepunahan dinosaurus terjadi. Tak sedikit yang mati di depanjang sungai dan kemudian fosil mereka terkubur di bawah lumpur sungai.

Bukit dinosaurus di Morison ini pun kini dijadikan sebagai lokasi wisata sejarah dan pengetahuan yang dinamakan dengan Morrison Fossil Area National Natural Landmark. Sejumlah pameran yang menampilkan tentang dinosaurus secara lengkap di wilayah itu menjadi hiburan bagi para pengunjung yang datang ke sana.

baca juga: Robot Ini Bisa Ngobrol dan Berikan Saran kepada Orang Lain

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement