Kamis 10 Mar 2016 18:00 WIB

Ini Alasan Mengapa Pasangan Perlu Ketahui Masa Lalu Anda

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Pasangan bahagia
Foto: ist
Pasangan bahagia

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang memiliki masa lalu yang baik maupun buruk. Tentunya, tidak ada yang salah dengan hal itu karena apapun yang pernah kita sebagai manusia lakukan merupakan bagian dari perjalanan hidup, yang juga membuat kita belajar banyak hal.

Namun, tak sedikit orang yang memilih untuk menyembunyikan hal-hal yang terjadi di masa lalu. Hal ini khususnya kepada pasangan mereka.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang tak ingin mengungkapkan masa lalunya pada pasangan adalah karena khawatir pasangan tak dapat menerima hal itu dan kemudian menjauh. Padahal, saat Anda berniat untuk menjalin hubungan serius, khususnya akan masuk ke jenjang pernikahan, hal tersebut harus dibicarakan.

Pasangan yang secara jujur saling mengungkapkan masa lalu mereka, biasanya memiliki hubungan yang lebih dekat. Selain itu dilansir Bold Sky, inilah alasan mengapa sebaiknya Anda menceritakan hal itu :

Tidak memiliki ekspektasi berlebih

Dengan saling mengungkapkan bagaimana kisah yang dimiliki di masa lalu, Anda dan pasangan menjadi lebih terbuka dan mudah mengerti banyak hal. Anda akan tahu bagaimana sifat yang dimiliki oleh pasangan, hingga Anda tahu apa saja yang tak bisa Anda harapkan ada pada dirinya.

Belajar jujur

Banyak orang yang memilih untuk menyembunyikan sisi buruk mereka dan menutupinya dengan bersikap baik. Padahal, ceat atau lambat hal ini akan terungkap dengan sendirinya.

Lebih baik, Anda mulai bersikap jujur dari sekarang. Hal ini justru membantu Anda untuk merubah diri menjadi lebih baik, dibandingkan terus berpura-pura dan melakukan kebohongan.

Tak ada perasaan bersalah

Jika Anda memilih untuk menutupi apa yang terjadi di masa lalu pada pasangan, maka Anda akan mudah merasa bersalah. Pada akhinrya, perasaan ini terus menganggu dan membuat Anda tak bahagia. Cobalah untuk membuka diri dengan jujur, khususnya pada pasangan dan Anda pasti merasa lega.

Puti Almas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement