Rabu 09 Mar 2016 02:40 WIB

GMT, Rental Mobil Habis, Rumah Warga Jadi Hotel

Sejumlah kapal wisata bersandar di pantai Pulau Burung Belitung,Bangka Belitung, Jumat (19/2).
Foto: Antara/Teresia May
Sejumlah kapal wisata bersandar di pantai Pulau Burung Belitung,Bangka Belitung, Jumat (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana matahari total 2016 membawa berkah tersendiri bagi warga Bangka Belitung. Ribuan wisatawan menyerbu pulau ‘Laskar Pelangi’ ini untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Akibatnya, hotel penuh, mobil rental pun habis dipesan. Sebanyak 34 hotel dari berbagai kelas sudah terisi penuh oleh wisatawan yang akan menyaksikan GMT di Kepulauan Bangka Belitung.

Tak hanya itu, wisma dan homestay yang dikelola warga desa pun sudah terisi dan dibooking sejak sebulan lalu. "Kami sudah full booking. Kalau mau pesan sesudah tanggal 11 Maret," ujar Megawati, salah satu pemilik homestay di wilayah Tanjung Kelayan, Belitung.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Pandan Bangka Belitung menyebabkan mobil rental di wilayah itu juga habis dipesan. Sewa mobil di Tanjung Pandan mencapai Rp 500 hingga Rp 550 per hari. Biaya itu sudah termasuk bahan bakar dan sewa sopir. 

"Saya punya 3 mobil. Semuanya sudah habis dipesan untuk tanggal 9 Maret. Sewanya Rp 550 ribu sehari atau 12 jam," ujar warga Tanjung Pandan, Ichan (42).

Sementara itu, wisatawan asal Garut Jawa Barat yang berkunjung ke Tanjung Pandan, Ujang Sugandi dan Ija Khodijah mengaku sudah memesan hotel beberapa bulan sebelumnya.

"Sudah lama pesan. Mau liburan, dan kebetulan bersamaan gerhana matahari total. Cuma bingung nyari mobil rental nih, soalnya mau keliling," ucap Ujang. Ujang mengaku berkunjung ke Belitung untuk bulan madu bersama istrinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement