Selasa 08 Mar 2016 07:37 WIB

Cakra Khan Bakal Promosikan Wonderful Indonesia di MATTA Fair 2016

Cakra Khan
Foto: Antara
Cakra Khan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam cara dilakukan untuk menggaet wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia untuk berkunjung ke Indonesia. Di ajang  MATTA Fair 2016 -- pameran wisata terbesar di negeri jiran -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bakal menghadirkan penyanyi Cakra Khan.

Cakra Khan adalah salah satu penyanyi Indonesia yang disukai publik Malaysia. Penyanyi asal Pangandaran, Jawa Barat itu akan tampil untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dalam ajang pameran yang akan digelar di Kuala Lumpur pada 11-13 Maret 2016.

“Kami sudah menyiapkan satu kejutan di MATTA Fair 2016. Feeling saya, ini akan heboh. Publik di Kuala Lumpur sudah mengenal lagu-lagu Cakra Khan. Dia akan menjadi endorser dan mempromosikan brand Wonderful Indonesia,” ujar I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata dalam keterangannya yang diterima Selasa (8/3).

Bukan tanpa alasan Kemenpar menggandeng Cakra Khan untuk ikut mempromosikan brand Wonderful Indonesia. Munurut Pitana, Cakra Khan adalah salah satu yang punya fans setia di Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Tembang-tembang yang dinyanyikannya selalu hits di ASEAN. Enam penghargaan yang diperoleh dari Malaysia adalah salah satu bukti konkret. Sepanjang kariernya, artis kelahiran 27 Februari 1992 itu sukses menyambar Anugerah Planet Muzik dari negeri jiran Malaysia. Hal yang sangat prestisius, mengingat itu adalah apresiasi musik empat negara, Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Gelar lain yang tak kalah glamornya adalah Artist of The Month. Gelar itu khusus diberikan salah satu radio terbesar Malaysia untuk Cakra 2014 silam. Belum lagi penghargaan dari nominasi Kolaborasi Terbaik dengan Siti Nurhaliza. Cakra Khan akhirnya punya banyak fans setia. “Efeknya pasti dahsyat. Saat pariwisata dan artis terkenal berkolaborasi, promosi destinasinya jadi lebih kuat, lebih tajam dan lebih meyakinkan,” papar Pitana.

Bagi Indonesia, kata Pitana, Malaysia masuk ke dalam pasar pariwisata yang seksi. Potential marketnya besar. Angka kunjungan turis Malaysia masuk dalam top 5 turis asing ke Indonesia, dan jumlah ini terus bertambah. “Ditambah Cakra Khan, Wonderful Indonesia seperti punya pasukan elite untuk membantu mewujudkan mimpi Kemenpar menembus 20 juta wisman di 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, musik itu universal. Musik yang hebat di ujung dunia, bisa dengan cepat dan mudah dinikmati oleh orang dari belahan lain. Teknologi membuat selera bermusik semakin mudah diakses dari mana saja, kapan saja, dengan berbagai devices. "Kebetulan pemusik Indonesia memiliki selera yang jauh lebih maju. Kalau di Indonesia sukses, maka jika dipromosikan di ASEAN, sangat mungkin juga bisa sukses," ungkap Arief.

Menurut Menpar, ketika artis itu sudah punya pamor di  tingkat ASEAN, dia juga bisa menjadi endorser yang efektif. Cakra Khan adalah salah satunya. Menggunakan pendekatan seni budaya dan musik, adalah komunikasi yang mengena di publik Malaysia. "Di situlah, promosi Wonderful Indonesia juga akan ikut terangkat," papar Menpar.

Di ajang pameran pariwisata terbesar di Malaysia itu, Kemenpar juga bakal memboyong 50 industri pariwisata, sekaligus melibatkan 20 agen lokal di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement