Senin 07 Mar 2016 07:51 WIB

Ingin Jadi Orang Beruntung? 6 Hal Ini Bisa Dicoba

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Semanggi berdaun empat, tanda keberuntungan.
Foto:
Perempuan tersenyum karena merasa beruntung

Melihat sisi terang kehidupan

Menurut Wiseman, perbedaan antara orang beruntung dan tidak beruntung bisa dilihat dari bagaimana mereka berurusan dengan kemalangan. Untuk meneliti hal ini, ia meminta partisipan penelitian untuk membayangkan kondisi sedang berada di bank, lalu muncul perampok bersenjata yang menembak dengan membabi buta.

Orang tidak beruntung cenderung mengatakan berada di dalam bank dengan perampok adalah nasib yang sangat buruk. Sedangkan orang beruntung akan lebih bersyukur karena mereka tidak mati terbunuh di dalam bank itu.

"Kemampuan untuk membayangkan apa yang mungkin terjadi, bukan apa yang sebenarnya terjadi, dinamakan 'kontra-faktual' dalam berpikir," tulis Wiseman.

Studinya menegaskan orang yang beruntung akan menggunakan pikirannya untuk meringankan dampak musibah.

Memberitahu orang lain apa yang diinginkan

Misalkan Anda sedang mencari asisten baru di perusahaan Anda, namun tidak mendapatkan calon yang cocok. Dengan memberitahu apa yang Anda perlukan ke orang lain, ada kemungkinan teman-teman Anda bisa membantu mencarikan asisten yang cocok untuk Anda.

Menjadi advokat terbaik bagi diri sendiri

"Tidak akan ada yang tahu tentang Anda, jika Anda tidak memberi tahu," jelasnya.

Pastikan orang lain mengetahui bakat Anda yang tentunya patut dan layak untuk diketahui. Pastikan orang lain tidak hanya memahami apa yang Anda inginkan, tapi juga tahu Anda layak mendapatkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement