REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (KTT LB OKI) di Jakarta Convention Center (JCC), 6-7 Maret 2016, menjadi ajang untuk mengenalkan Pariwisata Indonesia.
Brand Wonderful Indonesia hadir dua hari penuh dalam ajang KTT LB OKI yang mengusung tema Palestina dan Al-Quds Al-Sharif itu. Kemenpar diberi kesempatan untuk menancapkan Brand Wonderful Indonesia di lokasi KTT. Logo mirip cendrawasih warna warni itu terpampang persis di depan International Media Center.
"Pertama, kami ucapkan terima kasih pada Kemenlu, spirit Indonesia Incorporated telah menginspirasi banyak pihak. Kedua, Kemenpar lagi gencar-gencarnya mempromosikan Halal Tourism, Halal Destination untuk Lombok, dan selanjutnya menyusul Aceh dan Sumbar," ujar Sesmenpar Ukus Kuswara dalam keterangannya, Ahad (6/3).
Menurut Ukus, Pariwisata Indonesia seperti mendapat panggung kehormatan di hadapan ratusan reporter peliput asing. "Selama KTT Luar Biasa OKI, kami hadir dua hari penuh. Kami ingin mengenalkan destinasi wisata ini kemana-mana. Mumpung mereka ada di Jakarta," ungkap dia.
Ukus optimistis keberadaan brand Wonderful Indonesia di KTT LB OKI itu mampu membuka mata dunia Islam tentang indahnya panorama alam Indonesia. Menurut dia, ini menjadi ajang promosi yang efektif untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia.
Berdasarkan keterangan dari Kementerian Luar Negeri, ada lebih dari 500 delegasi 49 negara yang hadir di JCC. Itu belum termasuk 3 negara observers, 4 negara/organisasi internasional kuartet, dan 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB.
"Ini ajang promosi yang sangat efektif. Apalagi tidak ada biaya sewa-menyewa space. Wonderful Indonesia diberi space ruangan, kemudian kami mendesainnya dengan dekorasi ala Indonesia," ungkap Ukus.