Ahad 06 Mar 2016 19:33 WIB
Java Jazz Festival 2016

Di Atas Rata-Rata Leburkan Jazz dengan Berbagai Genre Musik

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Gita Gutawa-Erwin Gutawa saat meluncurkan 'Di Atas Rata-Rata' II. Kini band tersebut sudah bisa tampil di panggung bergengsi Java Jazz 2016.
Foto: Republika/MG ROL 48
Gita Gutawa-Erwin Gutawa saat meluncurkan 'Di Atas Rata-Rata' II. Kini band tersebut sudah bisa tampil di panggung bergengsi Java Jazz 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak berbakat yang tergabung dalam Di Atas Rata-Rata (DARR) Generasi I dan II berhasil memukau penikmat musik di BNI Java Jazz Festival 2016. Betapa tidak, berbagai genre musik mulai dari rock hingga musik klasik dapat mereka bawakan dengan nuansa jazz yang menghanyutkan.

DARR terdiri atas banyak anak berbakat yang memiliki kemampuan bernyanyi dengan genre yang berbeda-beda. Genre musik yang mereka nyanyikan pun sangat luas. Mulai dari pop, rock, klasik hingga sinden. Akan tetapi, ketika 12 anak DARR dari Generasi I dan II tampil di atas panggung Java Jazz, mereka mampu mengolaborasikan gaya bermusik mereka ke dalam jazz tanpa kehilangan ciri khas mereka masing-masjng.

"Karena bagaimana pun, ini festival musik jazz. Anak-anak coba mengekspresikan dirinya dengan format jazz tapi tidak kehilangan jati diri. Jadi tetap bisa nyinden, klasik, dikolaborasikan dengan musik jazz," terang produser project DARR, Erwin Gutawa, saat ditemui di JIExpo pada Ahad (6/3).

Erwin mengatakan anak-anak DARR tidak menemukan kesulitan berarti saat 'meleburkan' gaya khas bermusik mereka ke dalam jazz. Pasalnya, Erwin melihat jazz merupakan genre musik demokratis yang mampu menampung semua ide dalam bermusik.

Selain itu, Erwin juga mengapresiasi kemampuan luar biasa anak-anak DARR dalam mengekspresikan diri mereka dan mengeksplorasi musik. Menurut Erwin, tiap tantangan yang ia berikan kepada anak-anak DARR selalu dapat dilakukan dengan baik.

"Jadi tidak ada tantangan berarti. Saya main sama anak-anak hebat, saat dikasih tantangan, selalu dapat menjawab tantangan saya," ujar Erwin bangga.

Salah satu lagu yang dibawakan DARR di atas panggung Mildspot Hall ialah We Will Rock You yang dipopulerkan oleh band legendaris Inggris, Queen. Lagu bergenre rock ini berhasil dibawakan oleh Rafi Daeng dan rekan DARR lainnya dengan sentuhan musik Jazz yang berenergi.

Meski grogi, Rafi Daeng mengatakan ia dan teman-temannya merasa sangat senang dapat menjadi bagian dari Java Jazz 2016. Rafi pun tak menyangka bahwa ia dan teman-temannya mendapatkan sambutan yang meriah dari para penonton. "Kami ingin menunjukkan Indonesia punya kualitas musik yang bagus dari anak-anak," ujar Rafi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement