Sabtu 05 Mar 2016 00:01 WIB
Java Jazz Festival 2016

Ini Cara Tokyo Ska Paradise Orchestra Hidupkan Kembali Musik Ska

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tokyo Ska Paradise Orchestra
Tokyo Ska Paradise Orchestra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musik ska sempat menjadi hits dan digandrungi banyak kalangan di era 1990-an. Sayangnya, gaung musik ska saat ini tidak senyaring genre populer seperti pop dan rock di kalangan masyarakat.

Meski begitu, Tokyo Ska Paradise Orchestra tetap berhasil mempopulerkan musik ska di tengah persaingan yang ketat di industri musik. Grup yang beranggotakan Nargo, Masahiko Kitahara, Tatsuyuki Hiyamuta, Gamou, Atsushi Yanaka, Yuichi Oki, Takashi Kato, Tsuyoshi Kawakami, Hajime Ohmori dan Kinichi Motegi ini yakin bahwa musik ska merupakan musik yang dapat menyatukan semua orang.

Oleh karena itu, Tokyo Ska Paradise Orchestra memiliki cara unik tersendiri untuk tetap membesarkan gaung musik ska di industri musik. Gitaris Tokyo Ska Paradise Orchestra, Takashi Kato, mengatakan salah satu cara yang mereka lakukan untuk mempopulerkan musik ska ialah dengan melakukan cover atau menyanyikan lagu yang sudah populer dengan gaya mereka. "Dengan begitu semua orang dapat menikmati," kata Kato.

Uniknya, Tokyo Ska Paradise Orchestra juga ternyata gemar menyanyikan ulang beberapa lagu Indonesia dengan gaya mereka yang kental dengan musik ska. Personel Tokyo Ska Paradise Orchestra mengaku pernah menyanyikan ulang lagu dangdut yang dipopulerkan oleh Elvy Sukaesih. 

Menurut mereka, lagu dangdut khas Indonesia sangat menarik dan asik untuk didengarkan. Tak hanya itu, Tokyo Ska Paradise Orchestra ternyata juga memiliki keinginan untuk melakukan cover dari lagu Indonesia lainnya. "Bengawan Solo!" ujar beberapa personel Tokyo Ska Paradise Orchestra saat ditanya lagu apa yang mereka ingin mainkan dengan gaya mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement