Jumat 04 Mar 2016 09:38 WIB

The Body Shop dan Wahana Visi Indonesia Luncuran Mobil Sahabat Anak

Rep: MGROL60/ Red: Andi Nur Aminah
Mobil sahabat anak
Foto: Istimewa
Mobil sahabat anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika bicara mengenai anak- anak dan ibukota, mungkin tak jarang melihat anak kelas 6 SD yang sudah membuat katrol, menyampaikan argument kritis, memecahkan persoalan aljabar, menulis cerita, merakit robot, dan lain- lain. Sayang sekali, kondisi anak-anak di daerah non ibukota belum tentu sama. 

Salah sayu contoh, sebut saja di Halmahera Utara. Karena itu, sebagai bentuk komitmen terhadap pendidikan anak-anak di Indonesia, The Body Shop bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) menyediakan Mobil Sahabat Anak (MSA) bagi anak-anak di Halmahera Utara, Maluku Utara.

Berdasarkan hasil pendataan di wilayah layanan WVI, di Halmahera Utara ditemukan sebanyak 40 persen anak di atas 10 tahun belum melek huruf. Mereka belum mampu membaca dan menulis, padahal sudah duduk di kelas 6 SD. Menurut pihak sekolah, jika dirata-ratakan, anak-anak baru bisa membaca saat menduduki kelas 3-4 SD.

“Secara geografis, Kabupaten Halmahera Utara terletak di Indonesia Timur yang cukup sulit untuk dijangkau. Oleh karena itu buku-buku dan alat penunjang belajar anak juga sulit untuk didapatkan. Jika ada, harganya mahal dan hanya bisa didapat di ibu kota kabupaten, Tobelo," ujar Beatrice Mertadiwangsa, Donor Acquisition Manager WVI saat peluncuran MSA di Jakarta, Kamis (3/2).

Dia mengatakan, ada banyak desa-desa yang letaknya cukup jauh dari Tobelo. Dengan adanya MSA, ini akan menjadi perpustakaan keliling pertama di wilayah layanan WVI di Halmahera Utara. "Kami mengapresiasi The Body Shop yang dapat mewujudkan mimpi anak Halmahera Utara  memiliki perpustakaan,” ujar Beatrice.

Anak-anak, dari umur balita sampai 18 tahun, serta orangtua mereka merupakan target penerima manfaat dari pengadaan perpustakaan keliling ini. Terutama anak-anak yang berada dalam Kelompok Belajar Anak dampingan kantor wilayah WVI Halmahera Utara yang berjumlah 617 anak. Selain itu, MSA juga akan melayani anak-anak lain di 33 desa layanan WVI sebanyak 3,195 orang. 

"Selama tiga tahun trakhir ini Kami mendukung kegiatan Wahana Visi Indonesia, Dukungan ini juga merupakan kontribusi customer melalui donasi di gerai The Body Shop diseluruh Indonesia dan sejalan dengan semangat Beauty of giving kami," ujar Rika Anggraini, GM Corporate Communication The Body Shop.

MSA merupakan fasilitas perpustakaan keliling yang selain dilengkapi dengan buku-buku pelajaran dan ilmu pengetahuan, anak-anak juga bisa belajar dari media audio-visual. Seperti TV, VCD, DVD, dan tape. Baik dari WVI maupun The Body Shop berharap, melalui fasilitas ini minat anak Halmahera Utara untuk membaca dapat meningkat guna mendorong percepatan keterampilan membaca dan menulis.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement