Rabu 02 Mar 2016 08:51 WIB

Israel Beri Hadiah untuk Nominator Oscar, Ada Apa?

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Para pemenang utama di ajang Oscar 2016.
Foto: AFP
Para pemenang utama di ajang Oscar 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, Jennifer Lawrence, Matt Damon dan 23 nominator Oscar 2016 lainnya akan menemukan hadiah 'mengejutkan' yang tak biasa dalam goodie bag mereka. Betapa tidak, salah satu hadiah dalam goodie bag yang mereka terima ialah hadiah mewah yang diberikan oleh Israel.

Israel memberikan 25 nominator Oscar dan juga aktor Chris Rock sebuah hadiah tur pribadi ke Israel senilai 55.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 730 juta. Dalam tur spesial tersebut, masing-masing nominator Oscar dan juga Chris Rock akan mendapatkan fasilitas penerbangan kelas satu serta akomodasi berupa hotel mewah.

Kementerian Pariwisata Israel berdalih bahwa hadiah mewah yang mereka berikan kepada nama-nama besar Hollywood tersebut bertujuan untuk menunjukkan Israel yang sebenarnya. Menurut Direktur Jenderal Kementerian Pariwisata Israel, Amir Halevi, selebritis bernama besar yang bersedia datang melalui trip spesial mereka akan membawa dampak besar bagi Israel.

"Masing-masing dari mereka memiliki jutaan follower. Tiap selebritas yang datang mengunjungi kami kemungkinan akan mengunggah foto perjalanan mereka secara daring. Nilainya sangat besar (bagi Israel)," terang Halevi.

Di sisi lain, pemilik ide hadiah mewah Oscar sekaligus pendiri exploreisrael.com, Sam Gee, mengatakan bahwa hadiah tur tersebut bertujuan untuk membawa orang-orang 'berpengaruh' datang ke Israel. Hadiah mewah ini, lanjut Gee, diberikan kepada nominator Oscar karena jumlah nominator Oscar tidak begitu banyak.

Sama seperti Halevi, Gee berharap selebritis yang mendapatkan hadiah perjalanan mewah ini akan mengunggah pengalaman mereka yang menyenangkan selama di Israel. Meski begitu, Gee memastikan bahwa hadiah mewah tersebut diberikan secara cuma-cuma, tanpa syarat atau ketentuan.

"Tak ada syarat-syarat khusus," kata Gee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement