Selasa 01 Mar 2016 13:13 WIB

Baru Dua Bulan, 13 Kapal Pesiar Singgahi Bali

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Kapal pesiar
Foto: Yasin Habibi/Republika
Kapal pesiar

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sebanyak 13 kapal pesiar (cruise) sudah mengunjungi Pelabuhan Benoa, Bali memasuki bulan ketiga tahun ini.

General Manager Pelindo III Cabang Benoa, Ali Sodikin mengatakan tahun ini perusahaan kembali menargetkan 60 kapal pesiar datang ke Bali.

"Tahun 2016 menjadi tahun cukup padat untuk jadwal kedatangan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa," kata Ali dijumpai Republika di Denpasar, Selasa (1/3).

Hingga saat ini, kapal pesiar yang paling lama bersandar di Pelabuhan Benoa adalah MV Crystal Serenity selama lima hari. Total jumlah lama masa berkunjung kapal di Benoa dengan 13 unit kapal pesiar adalah 26 hari dan total penumpangnya sekitar 15.132 orang.

Ali menilai semakin lama kapal berkunjung maka semakin besar pula dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Data Kementerian Pariwisata menunjukkan wisatawan mancanegara di Indonesia setidaknya menghabiskan belanja minimal 100-150 dolar AS per hari.

"Efek domino bagi masyarakat Bali cukup besar," ujarnya.

Pelindo III Cabang Pelabuhan Benoa mendata sebanyak 49 kapal pesiar berkunjung ke Bali pada 2014. Jumlah tersebut meningkat menjadi 58 kapal pesiar pada 2015.

Kapal-kapal tersebut sebagian bersandar dan sisanya sekadar berlabuh sebab panjang kapal ada yang melebihi panjang dermaga, sehingga tidak seluruhnya dapat bersandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement