Selasa 01 Mar 2016 11:06 WIB

5 Tips Atasi Rambut Kering

Rep: Puti Almas/ Red: Andi Nur Aminah
Minyak Kelapa (Ilustrasi)
Foto: News
Minyak Kelapa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Rambut yang kering menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Selain terlihat tidak sehat, rambut kering juga mengakibatkan banyak masalah pada kulit kepala seperti gatal. 

Banyak faktor yang mengakibatkan rambut kering. Di antaranya adalah sampo yang tidak cocok, penggunaan alat penata rambut, kurangnya perawatan, hingga kondisi cuaca ekstrim. 

Karena itu, Anda harus mencari cara untuk menghindari rambut kering. Jika sudah memiliki kondisi seperti ini, Anda juga harus lebih ekstra mengatasinya. Dilansir Bold Sky, inilah beberapa tips yang bisa dilakukan :

 

Gunakan sampo mengandung pelembab

Sampo yang mengandung moisturizer atau pelembab biasanya menggunakan sedikit bahan kimia. Tentunya, hal ini membuat rambut Anda tidak mudah kering dan jauh lebih lembut. Selain itu, gunakan air dingin saat membilas untuk hasil yang maksimal. 

 

Gunakan kondisioner

Setelah sampo, Anda bisa menggunakan kondisioner atau pelembab rambut. Aplikasikan di bagian tengah hingga ujung rambut agar rambut tidak menjadi terlalu lepek dan tetap mengembang. 

 

Hindari produk penataan rambut

Penggunaan jel, hingga hair spray yang terlalu sering bisa mengakibatkan rambut kering dan rusak. Selain itu, alat catok dan pengering rambut juga memperparah kondisi rambut. Karena itu, gunakan produk penataan rambut tersebut seminim mungkin. Bagi Anda yang harus menggunakannya dapat melakukan perawatan rambut lebih ekstra. Seperti Anda bisa mengaplikasikan serum rambut sebelum mengeringkan rambut dan mencatoknya. 

 

Perawatan alami

Salah satu bahan alami yang baik untuk rambut adalah minyak kelapa. Lakukan perawatan menggunakan bahan ini sebanyak satu kali dalam sebulan. Caranya, hangatkan minyak kelapa, kemudian aplikasikan ke bagian kulit kepala hingga seluruh rambut. Hasilnya, rambut menjadi lebih lembab dan terbebas dari kekeringan. 

 

Masker telur dan yogurt 

Telur mengandung protein yang baik untuk kesehatan rambut. Sementara, yogurt memiliki kandungan pelembab alami. Campurkan dua bahan alami ini dan aplikasikan ke kulit kepala. Lakukan minimal satu kali dalam seminggu untuk hasil yang efektif.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement