Senin 29 Feb 2016 03:15 WIB

Chef Bara Pattiradjawane Diangkat Jadi Duta Kuliner Ambon

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Ahad, mengukuhkan Juru masak Bara Pattiradjawane sebagai duta kuliner Kota Ambon.

"Pengukuhan chef Bara Pattiradjawane merupakan upaya agar ke depan juru masak berdarah Maluku itu dapat mempromosikan masakan Ambon di tingkat nasional maupun tingkat internasional," kata Wali Kota Richard Louhenapessy.

Menurut dia, upaya ini dilakukan karena selama ini chef Bara telah mempublikasikan khazanah kuliner Kota Ambon melalui berbagai paket acara dan kumpulan kuliner.

"Chef Bara beberapa kali telah mengunjungi Ambon, selain itu upayanya untuk mendata, mengumpulkan dan mempublikasikan kuliner khas ambon patut diapresiasi," katanya.

Chef Bara menyatakan, Ambon memiliki banyak makanan berbahan dan bumbu rempah lokal yang belum banyak dikenal masyarakat.

"Pengukuhan saya sebagai duta kuliner Ambon akan dimanfaatkan dengan baik untuk mempromosikan berbagi kuliner berbahan rempah lokal, yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat luar," katanya.

Menurut dia, membukukan khazanah kuliner Ambon akan memberikan manfaat kepada lebih banyak orang dibandingkan dengan membuka restoran masakan khas Ambon.

"Kalau hanya membuka restoran itu mudah, yang penting kita memiliki dana cukup. Buat saya, ada cara lain yang harus dilakukan untuk memperkenalkan kuliner kota ini," katanya.

Ia menjelaskan, aneka rempah serta bahan pangan lokal seperti sagu dan buah atong memiliki khasiat luar biasa dan harus dipublikasikan.

"Saya akan mempopulerkan kuliner ketika saya diundang menjadi chef tamu maupun pada acara yang saya pandu di televisi. Hal ini jauh lebih penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia secara keseluruhan, dari pada hanya membuka restauran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement