Selasa 23 Feb 2016 10:06 WIB

Kenali Semut Kayu dan Cara Mengatasinya

Rep: Fira Nursya'bani / Red: Andi Nur Aminah
Semut kayu
Foto: Safebee
Semut kayu

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda melihat semut kayu, pasti pada awalnya Anda akan menganggap hewan itu adalah rayap. Dua serangga itu sama-sama memiliki sayap, meski pun semut kayu sering kali kehilangan sayapnya. Selain itu, keduanya juga menyebabkan kerusakan struktural dalam rumah Anda dengan menghancurkan kayu.

Namun semut kayu, tidak seperti rayap. Dia tidak memakan kayu. Mereka biasanya membuat lubang di dalam kayu untuk dijadikan sarang. Semakin banyak semut kayu membuat lubang sarang, semakin besar potensi kerusakan kayu di rumah Anda. 

Di musim semi, semut kayu mulai mencari tempat baru untuk dijadikan sarang. Setelah mereka mendapatkan sarang, biasanya mereka akan kehilangan sarang dan terlihat seperti semut biasa. Agar kerusakan di rumah tidak semakin membesar gara-gara kehadiran semut kayu, ini yang perlu Anda lakukan ketika menemukan banyak semut kayu membuat sarang, dilansir dari Safebee.

 

Pastikan semut itu adalah semut kayu. 

Semut kayu berukuran besar, biasanya berwarna gelap. Namun, ukuran dan warna tidak selalu menjadi indikator karena semut kayu memiliki beberapa jenis lagi. 

 

Cari sarang semut kayu

Semut kayu memiliki dua jenis sarang, sarang orang tua dan sarang satelit. Sarang orang tua berisi 75 persen koloni orang tua milik semut kayu. Lokasinya di luar rumah yang kayunya lebih lembab, seperti pohon busuk, papan tua, atau kayu lapuk.

Sedangkan sarang satelit, biasanya berlokasi di dalam rumah yang juga di kayu yang lembab. Seperti di sekitar kamar mandi atau dapur. Semut kayu juga senang dengan busa dan fiberglass. Cara mencari sarang ini adalah dengan menemukan serbuk gergaji kayu dan suara berisik. Gunakan umpan madu atau jelly, untuk mengeluarkan semut kayu dari sarangnya.

 

Bersihkan sarang

Tidak mudah membersihkan sarang semut kayu, terlebih jika sarangnya terletak di lokasi yang sulit diakses. Meski demikian, upayakan jangan gunakan bahan kimia untuk membersihkannya. Sarang semut kayu bisa dibersihkan dengan mesin penyedot debu. Jika Anda tidak memilikinya, panggillah ahli serangga.

 

Cegah kedatangan kembali semut kayu ke rumah

Sekali koloni semut kayu bisa dibersihkan dari rumah, jagalah agar mereka tidak kembali ke dalam rumah. Caranya adalah dengan memangkas semak-semak yang menyentuh dinding rumah Anda. Jangan sampai ada akses semut kayu untuk masuk ke rumah Anda. Buang kayu lapuk yang ada di sekitar rumah.

Jika punya kayu bakar di dalam rumah, pindahkan ke tempat yang agak jauh dari rumah sebagai pencegahan koloni semut kayu untuk kembali datang. Jaga kelembaban. Perbaiki kayu yang rusak atau lapuk yang ada di dalam rumah atau garasi. Pastikan tidak ada tanah yang kontak langsung dengan struktur kayu. Periksa juga selokan. Pastikan air mengalir cukup jauh dari rumah dan pastikan loteng Anda memiliki sistem ventilasi yang baik.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement