Selasa 23 Feb 2016 09:45 WIB

Ini Tanda Ayam Panggang Matang Sempurna

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Ayam panggang
Foto: Safebee
Ayam panggang

REPUBLIKA.CO.ID, Menyebut ayam panggang, yang terbayang tentu seekor ayam utuh dengan aroma khas pembakaran yang siap dipotong-potong. Menu ayam panggang adalah salah satu hidangan utama yang paling mudah dimasak. Namun tahukan Anda, jika kurang atau terlalu matang, menu lezat itu berpotensi menyebabkan keracunan.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan, ayam bisa saja sudah terlihat matang tetapi masih mengandung bakteri hidup. Dilansir Safebee, untuk memastikan ayam sudah bebas bakteri, USDA menganjurkan memastikan suhu internal ayam telah aman pada setidaknya 165 derajat Fahrenheit atau 73,89 Celsius.

Caranya, ukur suhu ayam panggang menggunakan termometer di tiga tempat. Tempatkan termometer di bagian paling tebal dari dada, bagian paling dalam dari paha, dan bagian terdalam dari sayap.

Hati-hati untuk tidak menyentuh tulang, lemak atau tulang rawan saat memasang alat pengukur suhu itu. Diamkan selama 10 detik dan periksa berapa temperaturnya. 

Waktu yang tepat untuk memasangkan termometer ialah kira-kira lima menit sebelum ayam matang. Pastikan Anda membersihkan termometer dengan air sabun hangat sebelum dan setelah digunakan.

Terakhir, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun dan air hangat selama 20 detik untuk menghindari transfer bakteri. Setelah itu, menu ayam panggang sehat dan lezat siap disantap.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement