Kamis 18 Feb 2016 07:16 WIB

Badut Itu Menakutkan? Mungkin Anda Coulrophobia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Badut seram
Foto: Kuriositas
Badut seram

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda merasa the Joker (musuh Batman yang diperankan Heath Ledger) tampak menakutkan? Jika iya, kemungkinan besar Anda mengidap coulrophobia alias ketakutan berlebihan akan badut.

Mengapa begitu banyak anak-anak dan orang dewasa merasa badut itu menakutkan? Badut padahal menerima banyak panggilan telepon untuk mengisi acara pesta anak atau ulang tahun.

Tak jarang pemeran badut ini juga mengeluh karena penyelenggara membatalkan pesanan akibat banyak anak-anak yang takut badut.

Mereka yang coulrophobia memiliki kemampuan untuk melihat fitur wajah badut yang biasa menjadi menakutkan. Penampakan wajah yang warna-warni membuat efek kejut dan panik di otak yang akhirnya menimbulkan rasa takut.

 

Dilansir dari Kuriositas, Kamis (18/2) anak-anak dan orang dewasa pengidap coulrophobia menemukan fitur terdistorsi badut yang sangat mengganggu. Sensasi rasa takut itu bahkan meninggalkan kenangan abadi dan fobia.

Istilah coulrophobia ditemukan sekitar 1980-an di Yunani. Coul dalam bahasa Yunani berarti ekstrem. Kata 'coul' memang tak menunjuk langsung pada badut, melainkan berasal dari kata 'kolobathristes' yang berarti 'panggung zombie.'

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement