Selasa 16 Feb 2016 21:29 WIB

Sambut GMT, Maluku Utara Gelar Total Solar Eclipse Concert

Gerhana matahari total akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016.
Foto: pixabay
Gerhana matahari total akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 menjadi berkah bagi Maluku Utara. Provinsi itu akan kebanjiran tamu yang terbagi dalam kelompok peneliti, wisatawan, wartawan, dan perseorangan yang akan menyaksikan peristiwa langka yang terjadi 350 tahun sekali itu.

Kota Ternate akan menjadi pusat digelarnya event besar menyambut GMT, termasuk Total Solar Eclipse Concert yang akan menampilkan Slank. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yanya  mengatakan, pihaknya telah mempromosikan GMT ke seluruh dunia. Fenomena alam yang unik itu pun dikenal dan menarik wisatawan mancanegara (wisman)

"Sejak 2015 kami sudah promosikan ke mancanegara, karena hanya di Indonesia yang bisa menyaksikan gerhana matahari total di daratan. Kebetulan ada di 12 provinsi," ujar Menpar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2).

Sebagai salah satu lokasi yang akan dilewati GMT, Maluku Utara tak ingin kalah dari daerah lainnya. “Ini momentum langka. Dan durasi terlama GMT ada di Maba. Sekitar 3 menit 17 detik masyarakat bisa menikmati GMT di sana,” ujar Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Abdul Gani mengatakan GMT menjadi berkah. Berkat GMT, kata dia,  Maluku Utara menjadi perhatian dunia. Menurut dia, National Aeronautics and Space Administration (NASA), peneliti Korea dan Prancis langsung melakukan pengamatan bareng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

“Hotel, restoran, wisata belanja, kuliner kewalahan melayani pesanan. Momen GMT ini menjadi sumber ekonomi baru. Masyarakat dan UMKM juga bisa menjual kacamata sebagai alat melihat gerhana," katanya. Menpar Arief Yahya sudah mengingatkan agar percepat sosialisasi home stay, sebagai antisipasi hotel tidak muat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku Utara, Anwar Husen mengatakan, GMT di Maluku Utara akan heboh. "Kami akan menggelar konser Slank di Ternate. Kepastian konser Slank ini, melalui konfirmasi dengan pemerintah Provinsi belum lama ini," tuturnya.

Menurut dia, selain konser, ada sejumlah kegiatan yang bernilai kearifan lokal. Ada pemukulan dolo-dolo yakni alat tradisional khas Ternate yang terbuat dari batang bambu kering yang biasanya digunakan sebagai alat komunikasi di kebun.  Selain itu, ada juga promosi aset wisata sejarah dan wisata alam. “Akan ada upacara adat penobatan putri raja Thailand di Ternate. GMT ini benar-benar menyedot perhatian banyak orang,” paparnya.

Ia mengungkapkan, ada 1.157 orang yang sudah terkonfirmasi datang ke wilayahnya. Tamu-tamu itu terbagi dalam kelompok peneliti, wisatawan, wartawan dan perseorangan. “Itu angka sampai hari ini. Kemungkinan sampai hari H bisa bertambah,"katanya.

Gerhana Matahari Total 2016 akan terjadi pada pukul 10.00 (pagi) WIT  mencakup wilayah Maluku Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement