Kamis 11 Feb 2016 06:38 WIB

Kena PHK? Ini Saran dari Perencana Keuangan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Rencanakan keuangan Anda agar siap diterpa kondisi sulit
Foto:
Merencanakan keuangan dari saat hidup cukup adalah langkah tepat mengatasi masa sulit yang selalu mungkin terjadi.

Ubah Gaya Hidup dan Berikan pengertian kepada seluruh Anggota Keluarga

Dalam kondisi pencari nafkah keluarga terkena PHK, keluarga tersebut harus siap mengubah gaya hidup. Bila sebelum PHK keluarga tersebut terbiasa makan di luar, paling tidak setelah PHK keluarga tersebut harus bisa keluar dari kebiasaan tadi.

“Selain itu, seluruh anggota keluarga harus bisa menahan diri untuk tidak konsumtif. Karena hal ini butuh kerjasama dari seluruh anggota keluarga, kepala keluarga harus melakukan komunikasi secara terbuka sehingga seluruh anggota keluarga paham,”

ujarnya.

Buat Prioritas Pengeluaran

Mulai cari pos-pos pengeluaran yang nilainya diluar nilai kewajaran. Lakukan hanya pengeluaran yang penting bagi keluarga. Untuk menyiasatinya Anda bisa menggunakan tiga cara penyesuaian pengeluaran, yaitu pertama dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Kedua bisa dengan melakukan penurunan standar atau mengganti dengan substitusi misal jika biasa menggunakan alat transportasi roda empat bisa menggunakan roda dua. Ketiga bisa menghapus pengeluaran yang belum begitu penting misal TV kabel, handphone anak dan koran berlangganan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement