Jumat 05 Feb 2016 10:11 WIB

Penyelam Barongsai Seaworld Butuh Keahlian Khusus Lho

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Dibutuhkan keahlian tersendiri bagi penyelam Barongsai untuk tetap bisa meliuk seperti di daratan.
Foto: C34
Dibutuhkan keahlian tersendiri bagi penyelam Barongsai untuk tetap bisa meliuk seperti di daratan.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa tak kenal barongsai? Tarian tradisional Cina dalam kostum khusus yang menyerupai singa itu kerap dimainkan saat Tahun Baru Imlek dan perayaan lainnya.

Untuk memainkan kesenian tersebut, butuh keterampilan dan keahlian khusus. Apalagi, barongsai yang dimainkan di bawah air.

"Harus lebih konsentrasi, fokus, dan mengatur pernapasan karena tekanan air cukup kuat," ujar Nuris, salah satu penyelam dari Tim Kurator Perawatan Biota Seaworld, yang akan menampilkan barongsai bawah air saat libur Imlek 2016 mendatang.

Dalam tim yang terdiri dari sembilan orang itu, para penyelam akan memberi makan ikan alias melakukan feeding show sambil mengenakan kostum barongsai. Dua barongsai, satu liong, dan satu pembawa bola mustika akan terjun menghibur pengunjung di akuarium utama Seaworld Ancol, Sabtu (6/2) hingga Senin (8/2).

Adi, penyelam lain berkata, tim telah berlatih beberapa kali sebelum penampilan. Para profesional berlisensi yang sangat berpengalaman itu memodifikasi gerak tarian barongsai di darat dan menyesuaikannya dengan kondisi dalam air.

Akuarium berkedalaman tujuh meter yang berisi ratusan ikan itu akan semarak dengan warna-warni meriah kostum barongsai dan liong para penyelam pada Imlek mendatang. Namun, Adi memastikan, bahan pakaian yang mereka kenakan tak berbahaya bagi biota laut yang ada.

"Kostum dalam air ini berbahan kuat dan tidak mengandung bahan yang bisa menyebabkan korosi, aman bagi biota yang ada di dalam air," kata Adi.

(baca: Serunya, Barongsai Ikut Seluncuran di Dragon Slide Ancol)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement