Selasa 02 Feb 2016 11:11 WIB

Jangan Kupas Kulit Sayur untuk Dimasak, Ini Mengapa...

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Sayuran yang akan dimasak
Foto: pixabay
Sayuran yang akan dimasak

REPUBLIKA.CO.ID, Pada umumnya, sebelum memasak sebagian besar sayuran, bagian kulitnya akan dibuang terlebih dahulu. Ternyata, organik atau pun tidak, kulit sayuran tetap dapat diikutsertakan dalam memasak selama dicuci dengan bersih terlebih dahulu.

Meski terlihat 'kotor' atau mengganggu, sebagian besar kulit sayuran memiliki serat yang tinggi seperti halnya yang terkandung dalam sayuran itu sendiri. Misalnya di bagian sayuran mengandung serat yang mudah larut, di bagian kulit sayuran biasanya mengandung serat yang tak mudah larut. Kedua jenis serat ini sama-sama penting dan dibutuhkan dalam menunjang hidup sehat.

Selain itu, kulit sayuran pun dapat menambah tekstur pada masakan. Bayangkan betapa membosankannya sebuah masakan dengan mentimun yang telah dikupas kulitnya. Selain itu, kudapan kentang panggang terlihat sangat lezat karena memiliki kekontrasan tekstur yang menggiurkan, yaitu kerenyahan kulit kentang yang terpanggang dan kelembutan kentang di dalamnya.

Beberapa sayuran pun memiliki kulit yang sangat tipis, sehingga tidak perlu sama sekali untuk dikupas. Salah satu dari sayuran yang memiliki kulit tipis ialah wortel. Dikupas atau pun tidak, tekstur dan rasa yang diberikan oleh wortel akan tetap sama. Karena itu, wortel sebenarnya tidak perlu dikupas sebelum dimasak.

(baca: Mana Lebih Sehat? Overnight Oat Atau Oat Masak Biasa)

Meski sebagian besar sayuran tidak perlu dikupas, ada beberapa sayuran yang tetap perlu dikupas sebelum dimasak. Sayuran yang memiliki kulit yang tebal dan keras merupakan jenis sayuran yang perlu dikupas sebelum dimasak. Beberapa contoh dari sayuran berkulit tebal dan keras ialah labu, kabocha, kuri merah, akar seledri dan sejenis kol bernama kohlarbi.

Selain itu, pengupasan kulit sayuran juga bisa dilakukan ketika Anda ingin mendapatkan tekstur masakan yang lembut. Dalam kentang tumbuk misalnya, agar mendapatkan tekstur yang benar-benar lembut, penting untuk mengupas bagian kulit kentang sebelum dimasak. Selain itu, ketika akan mengkukus wortel atau lobak, akan lebih baik jika sayuran tersebut dikupas terlebih dahulu karena proses mengkukus akan membuat kulit sayuran menjadi lebih keras.

Pengupasan kulit sayuran juga baru perlu dilakukan ketika sayuran benar-benar dalam keadaan sangat kotor. Lapisan lilin yang terdapat pada bagian luar sayuran juga dapat dihilangkan dengan cara dikupas kulitnya, dikutip The Kitchn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement