Senin 01 Feb 2016 08:50 WIB

5 Tips dan Trik Bekerja di Rumah Saat Hamil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Wanita hamil (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Wanita hamil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Wanita hamil membutuhkan penyesuaian diri dengan ritme kerja. Beberapa profesi memungkinkan wanita tetap bisa bekerja saat hamil dari rumah, dengan kata lain tak harus ke kantor. Wanita seperti ini sering disebut 'telecommuting employee' atau mengerjakan pekerjaan melalui jaringan internet atau ponsel.

Apakah Anda berpotensi menjadi wanita seperti ini selama menjalani kehamilan? Ada lima hal yang perlu diperhatikan wanita hamil selama menjadi 'telecommuting employee,' dilansir dari ModernMom, Senin (1/2).

 

1. Pastikan Anda bisa nyaman bekerja di rumah sendiri. 

Jika perlu, Anda harus menyediakan ruangan khusus untuk menaruh komputer atau laptop, makalah, buku-buku, catatan, dan peralatan lainnya sebagaimana di kantor sendiri. Ini penting untuk menjaga produktivitas Anda. 

Anda tak harus memiliki rumah dengan empat kamar tidur untuk bisa menyediakan ruangan khusus ini. Syarat terpenting adalah ada meja, listrik, dan lampu penerang atau pencahayaan yang memadai. Jika Anda tak bisa mengisolasi ruang kerja di rumah, setidaknya Anda mempunyai tempat yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan.

 

2. Jika Anda sedang hamil anak kedua atau seterusnya, Anda tentu harus bisa memisahkan diri sejenak dari si kecil.

Anak-anak biasanya suka melakukan apa yang dilakukan orang tuanya. Pastikan si kecil bisa lebih lama menghibur dirinya sendiri, misalnya menyediakan berbagai jenis mainan atau memutar sejumlah film kesukaannya. Jam tidur siang anak juga bisa dimanfaatkan untuk bekerja produktif.

 

3. Konsisten dengan jam bekerja. 

Jika Anda terbiasa bekerja di kantor pukul 08.00 pagi hingga 16.30 sore, maka tetaplah melakukan hal sama saat Anda bekerja dari rumah. Anda boleh beristirahat sejenak di sela jam kerja, apalagi ibu hamil yang terbiasa tidur siang.

Namun, jika ada keluarga atau rekan yang ingin berkunjung pada jam bekerja Anda tersebut, sebaiknya dibatasi. Jika Anda mengendurkan jam kerja Anda untuk hal-hal di luar pekerjaan, maka bersiaplah istirahat larut malam. Anda juga akan merusak kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada Anda untuk bisa bekerja dari rumah tepat waktu selama kehamilan.

 

4. Maksimalkan produktivitas dengan membuat daftar pekerjaan. 

Anda sebaiknya mempersiapkan catatan kecil tentang item-item pekerjaan yang harus diselesaikan esok hari. Ini akan memberi informasi sekilas dan membuat Anda lebih fleksibel.

 

5. Pastikan koneksi internet lancar. 

Anda harus memastikan terkoneksi dengan baik misalnya internet berkecepatan tinggi di rumah, serta halangan yang mungkin akan mengganggu pekerjaan Anda, seperti listrik mati. Sebagai jalur alternatif, Anda harus mempunyai ponsel yang bisa dijadikan personal hot spot. Anda juga perlu memiliki teman atau kerabat terdekat yang bisa didatangi saat koneksi di rumah Anda jelek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement