Kamis 28 Jan 2016 08:19 WIB

Memahami Sosok Introvert Ketika Mereka di Keramaian

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Sosok introvert cenderung tak nyaman di keramaian.
Foto: pixabay
Sosok introvert cenderung tak nyaman di keramaian.

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin Anda sering menilai orang dengan sifat introvert akan menutup diri dari orang lain. Padahal, tidak semua oarang introvert mengindari keramaian dan menutup diri.

Tipe introvert juga dapat ikut berkerumun di keramaian, berbincang dan menikmati berbagi kebersamaan. Cara mereka melakukan interaksi sosial pun tidak berbeda jauh dengan ekstrovert.

"Ini keliru bahwa semua introvert global tertekan oleh situasi sosial," kata Helgoe dikutip dari laman Health, Kamis (28/1).

Hanya saja, menurut asisten profesor psikologi di Davis & Elkins College dan penulis Introvert Power Laurie Helgoe, Ph D, introvert cenderung merasa cemas ketika mereka sudah tidak nyaman akan keramaian yang berlebihan. Semakin meriah suatu acara atau kondisi, introvert akan semakin merasa stres atau tertekan dan kelelahan.

Jika ekstrovert menerima energi ketika berkumpul bersama teman dan membagi di keramaian. Justru tipe introvert harus memiliki waktu pribadi untuk mengembalikan tenaganya setelah seharian dikelilingi orang-orang. Hal ini digunakan untuk kembali bergaul dan berkumpul selanjutnya agar tidak memendam stres dan kelelahan.

(baca: Kenali Tipe Kepribadian lewat Rasa Es Krim Favoritmu)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement