Kamis 28 Jan 2016 09:02 WIB

Solusi Jangka Panjang Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Rep: Retno Wulandari/ Red: Winda Destiana Putri
Mendengkur
Foto: topnews.net.nz
Mendengkur

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda saat tidur tanpa perlu khawatir akan mengganggu orang disekitar, lakukan beberapa langkah ini untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan mendengkur Anda dalam jangka panjang.

Jaga kebersihan kamar tidur

Tungau, debu dan penyebab alergi lainnya seperti debu atau bulu binatang peliharaan yang menempel di tempat tidur dapat membuat pergerakan udara melalui hidung tidak lancar. Sehingga, bisa dipastikan tidur Anda akan mendengkur sepanjang malam.

Pastikan Anda selalu membersihkan ruang dan tempat tidur. Jangan lupa pula untuk mengganti dan mencuci seprai serta sarung bantal. Lakukan langkah ini secara rutin setiap minggunya.

Menurut penelitian, meninggalkan tempat tidur dalam keadaan berantakan dan tidak pernah dirapikan dapat menjadi tempat yang aman bagi tungau dan debu untuk bersarang.

Rajin berolahraga

Rajinlah berolahraga secara rutin termasuk melatih otot tenggorokan. Olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga mengurangi mendengkur yang berasal dari obesitas.

 

Berhenti merokok

Asap dari rokok dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan hidung. Sehingga, dapat menyebabkan kemacetan dan menghambat aliran udara. Berhenti merokok membuat Anda akan dapat lebih mudah bernapas melalui hidung dan tenggorokan.

Melatih tenggorokan

Layih tenggorokan dengan cara menempatkan ujung lidah di belakang gigi depan atas Anda. Kemudian, geser lidah ke belakang atau posisi mundur. Lakukan selama 3 menit.

Kemudian, tutup mulut Anda dan kerutkan bibir lalu tahan selama 30 detik. Setelah itu, buka mulut Anda lalu gerakkan rahang ke kanan dan tahan selama 30 detik. Lalu, Lakukan hal yang sama ke rahang sebelah kiri.

Selanjutnya, dalam keadaan mulut terbuka, kontraksikan otot pada bagian belakang tenggorokan dan lakukan berulang kali selama 30 detik.

Retno Wulandhari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement