Senin 25 Jan 2016 07:42 WIB

Begini Cara Menyimpan Kopi yang Tahan Lama

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Bubuk kopi
Foto: pexels
Bubuk kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Kebiasaan mengonsumsi kopi bukan hal baru di Indonesia. Budaya Indonesia sejak lama sudah mengenal kopi, meski tidak semodern saat ini.

Wajar saja jika beberapa orang menyukai menyeduh kopi sendiri di rumah dengan membeli kopi bubuk bahkan kopi yang masih berbentuk biji. Hanya saja, sering kali mereka lalai dalam menyimpan kopi sehingga justru menurunkan kualitas dari rasa dan aroma kopi.

Menurut pakar kopi Mira Yudhawati, jika dibandingkan kopi bubuk, biji kopi menjadi pilihan terbaik untuk disimpan. Biji kopi dinilai akan lebih tahan pada kondisi rumah dari pada kopi bubuk.

(baca juga: Suka Es Kopi Vietnam? Kafeinnya Ternyata Cukup Tinggi)

"Taruh di rumah itu dalam bentuk biji kopi, jangan digiling, jadi selalu fresh," kata pencicip kopi profesional yang terakreditasi oleh Coffee Quality Institute (CQI), Ahad (24/1).

Di samping itu, menghindari cahaya langsung matahari dan udara dingin seperti kulkas akan membuat biji kopi lebih tahan lama. Apalagi jika ditaruh di tempat yang kedap udara, sehingga aromanya tetap terjaga.

Terpenting, menyimpan kopi seperlunya saja di rumah. Bagaimana pun, semakin lama kopi disimpan, maka kesegarannya yang diberikan akan menurun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement