Senin 25 Jan 2016 07:18 WIB

Pakar Kopi Bagi Tips Membuat Kopi Enak di Rumah

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi
Foto: pixabay
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi tidak hanya menjadi minuman penangkal kantuk semata. Di era modern ini, kopi sudah menjadi kebutuhan hidup yang sulit dilepaskan dari kebiasaan beberapa orang.

Keberadaan kopi seakan napas yang tidak bisa tergantikan. Kopi menjadi kebutuhan wajib yang perlu dipenuhi setiap harinya.

Melihat gelaja tersebut, tidak asing lagi jika banyak yang mengolah kopi sendiri di rumah atau tempat kerja. Kopi bubuk pun telah mudah ditemukan di pelbagai toko kopi hingga supermarket.

Pakar kopi Mira Yudhawati menjelaskan cara menyeduh kopi yang baik untuk diparktikan di rumah. Kebanyakan orang masih sering berpikir jika kopi harus diseduh dengan air yang mendidih agar matang sempurna.

Padahal, menurut Mira, cara tersebut salah besar. Kopi baiknya diseduh dengan suhu air mencapai 88 hingga 90 derajat celsius, bukan ketika air mendidih.

"Idealnya jangan terlalu panas. Karena kalau tidk ini akan membunuh karakter kopi itu sendiri," kata pencicip kopi profesional yang terakreditasi oleh Coffee Quality Institute (CQI), Ahad (24/1).

Cara menyajikan kopi dengan menaruh air yang baru mendidih hanya akan merusak cita rasa kopi yang sesungguhnya. Hanya akan tersisa bau dan rasa hangus ketika kopi disiram oleh air mendidih.

"Ini malah jadi pahitnya yang lebih menonjol," kata Mira.

(baca: Menikmati Kopi Khas Sawahlunto, Datuk Siloengkang Coffee)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement