Senin 25 Jan 2016 07:02 WIB

Pakar Kopi Paparkan Ciri Rasa Espresso yang Enak

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Kopi espresso
Foto: pixabay
Kopi espresso

REPUBLIKA.CO.ID, Pecinta kopi mungkin tidak asing lagi dengan espresso, olahan kopi yang berasal dari ekstrak sari biji kopi. Espresso yang baik dan enak dinilai dari rasa yang seimbang.

Menurut pakar kopi Mira Yudhawati, rasa nikmat yang dihasilkan oleh espresso merupakan kesimbangan rasa pahit, asam, dan manis. Tidak boleh ada rasa yang dominan di antara satu dengan yang lainnya.

Semua unsur rasa yang terdapat harus seimbang menjadikan espresso dapat dinikmati. Terlebih lagi, salah satu Q Grader Indonesia ini menekankan, espresso tidak memiliki kecenderungan berasa pahit.

"Bahwa kopi yang enak itu tidak pahit, kalau pahit ada yang salah," kata Mira di Caswell's Coffee, Jakarta, Ahad (24/1).

(baca: 3 Cara Buat Kopi Terasa Lebih Nikmat)

Kesalahan proses yang menyebabkan ketidakseimbangan rasa kopi berasal dari proses kesinambungan dari awal hingga penyajian di atas meja. Mulai dari pengolahan oleh petani, pengeringan biji, hingga pengeolahan oleh barista menjadi poin penentu rasa espresso.

"Biasanya kalau orang yang sudah mengerti tetang proses bisa menidentifikasi," ujar Mirna

Sering kali kesalahan yang terjadi menyebabkan espresso justru terasa hangus, sehinga rasa pahit yang tersisa. Padahal rasa espresso tidak identik dengan pahit yang menempel di lidah dan tenggorokan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement