Rabu 20 Jan 2016 18:42 WIB

Nasi Santan Jadi Kuliner Wajib Icip Taka Bonerate

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Indira Rezkisari
Ikan bakar menjadi pendamping makan nasi santan khas Taka Bonerate.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ikan bakar menjadi pendamping makan nasi santan khas Taka Bonerate.

REPUBLIKA.CO.ID, Kuliner khas daerah pesisir pantai jadi andalan di Taka Bonerate, Kepulauan Selayar. Jika Anda melancong ke sana ada makanan yang harus dicoba.

Makanan yang wajib dicoba adalah semangkuk nasi santan dan ikan laut bakarnya. Warung nasi yang menjual makanan ini tersebar di sekitar pulau tersebut.

Nasi santan sebenarnya mirip dengan kuliner yang umum dijual di Ibu Kota, yakni nasi uduk. Rasa gurih dan pulennya nasi santan sangat pas dinikmati dengan ikan laut bakar.

Ikan jenis baronang jadi favorit di pulau ini ketika memasuki jam makan. Menemani lauknya, sambal cocol yang berbahan cabai rawit, keriting, bawang, tomat dan kacang goreng jadi andalan.

Nyaris sepanjang hari mulut dan perut pelancong Taka Bonerate disuguhi panganan laut ini. Di samping itu, ragam seafood seperti cumi bakar dan udang bakar juga jadi andalan untuk melepas lapar. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati makanan yang bahan bakunya melimpah di pesisir laut. Cukup dengan tiga lembar uang lima ribu rupiah, sepiring nasi santan plus satu potong utuh ikan bakar bisa dinikmati.

Nikmatnya...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement